Senin, 06 Oktober 2014

Penyebab Wanita Sulit Mempunyai Keturunan

Sulit Hamil

Gangguan kesuburan dapat diakibatkan karena perempuan atau laki-laki dengan berbagai alasan gaya hidup hingga kesehatan. 10-15 % pasangan yang memiliki ketidaksuburan di Amerika Serikat di akibatkan karena alasan kesehatan yang terjadi pada wanita atau laki-laki. Penyebab umumnya sulit hamil perempuan disebabkan karena masalah ovulasi, dimana pelepasan telur yang matang kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk dibuahi. Tanda umum pada permpuan sulit hamil adalah periode datang bulan yang abnormal atau tidak teratur masalah ovulasi.

Di bawah ini adalah beberapa penyebab perempuan sulit hamil karena masalah ovulasi:
  1. Menoupause Dini, terjadinya kekurangan atau hilangnya menstruasi ditandai dengan folikel ovarium sebelum wanita memasuki usia 40 tahun. Perempuan memasuki menoupause apabila fungsi ovarium dan datang bulan terhenti.
  2. Kerusakan pada Saluran Telur (Tuba), penyumbatan atau adanya jaringan perut yang disebabkan karena meradangnya saluran tuba sehingga mempengaruhi keseburan. Kerusakan tersebut disebabkan karena infeksi penyakit menular seksual terutama oleh klamidia.
  3. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS), merupakan kondisi yang mengakibatkan terjadinya produksi hormon androgen dan salah satu penyebab terjadinya gangguan kesuburan pada wanita. Ketidaksuburan ini yang akan mengakibatkan PCOS bermasalah dengan ovulasi dan terganggunya siklus datang bulan.
  4. Endometriosis, jaringan rahim yang tumbuh di bagian luar rahim sehingga mempengaruhi indung telur, saluran telur, telur, rahim dan juga fungsi sperma. Pada kasus ringan, konsepsi mungkin terjadi karena tidak semua wanita mengalami gangguan kesuburan.
  5. Ovarium Jaringan Parut, kerusakan fisik pada ovarium dapat mempengaruhi ovulasi wanita, kerusakan ini dapat di sebabkan pembedahan akibat terjadinya kista ovararium. Operasi konstan yang lebih luas akan mengakibatkan jaringan perut, folikel yang melekat akan mengakibatkan gangguan pada proses ovulasi yang tidak lengkap.
  6. Adhesi Pelvis, jaringan perut akibat terjadinya operasi panggul, usus buntu akan mengganggu kesuburan yang mengubah struktur tuba dan mengalami perjalanan yang sulit pada telur wanita.
  7. Masalah Tiroid, hipertitodisme kondisi ini di karenakan adanya kelenjar tiroid abnormal yang terlalu aktif, sedangkan tiroid hipotorodisme merupakan kondisi di karenakan tiroid tidak aktif, kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan masalah kesuburan pada wanita.
  8. Pengobatan Kanker, ketika sedang menjalani radioterapi maka pengobatan kanker dapat mengganggu dan mengakibatkan sistem reproduksi pria atau wanita terganggu. Penelitian ini menunjukkan adanya penurunan pada kesuburan wanita disebabkan karena efek samping dari radiasi.
  9. Gaya Hidup, kebiasaan dengan gaya hidup yang tidak sehat dapat mempengaruhi kesuburan salah satunya ketika Anda adalah pecandu rokok atau makanan cepat saji yang banyak mengandung lemak tidak sehat.
  10. Usia, terakhir usia akan mempangaruhi kesuburan, wanita yang memiliki usia lebih dari dari 40 tahun akan memiliki jumlah sel telur kurang sehat dan lebih rendah sehingga apabila mengalami kehamilan di usia ini akan berisiko keguguran yang lebih tinggi.

17 komentar

waaahh ternyata banyak sekali yahh penyebannyaa :) hmm .. untung saya cowok jadi gak perlu khawatir ckckcckc :D salam kenal aja yahhh buu dari cinta Teknologi :)

owhh iyaa saya izin Follow yaahh jangan Lupa Foolback :D

meskipun cowok juga kan harus ada antisipasinya, salam kenal kembali dari widaku.com :)

Kabarnya toge bagus ya mbak :)

Informatif... menyimak saja secara seksama ke-10 Point di atas. Thanks tuk sharenya :)

sama-sama mas/mbak, terimakasih atas kunjungannya :)

plus satu lagi, menunda kehamilan dengan obat-obatan tertentu...:)

Bener mbak Susi, makan tauge bagus untuk kesuburan...

terimakasih sudah menambahkan ilmunya mbak hehehe

oh gitu, saya ngga tau sih soalnya belom nikah juga :D

10-15 % itu kan data di Amerika, klo di Indonesia sendiri ada datanya ?

kunjungan balik nih teh wida.... ^-^,nice sharing nih!btw... dulu sy menunggu hampir 6 thn lama'y baru deh hamil... ^-^

Pelajaran baru untuk nanti kalau mbak ipah sudah menikah :D

Syukur alhamdulillah kalau begitu mbak, sekarang mbak sudah memiliki keturunan hehe

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon