Kamis, 30 Oktober 2014

Pola Makan Tidak Teratur Akan Mengakibatkan Nafsu Makan Tak Terkontrol

Pola Makan Tak Teratur Akan Mengakibatkan Nafsu Makan Tak Terkontrol

Olahraga dan diet sehat merupakan dua kunci utama bagi yang ingin mendapatkan tubuh ramping ideal. Diet sehat bukan sekedar mengkonsumsi makanan yang rendah kalori dan kaya nutrisi tapi porsinya juga perlu diperhatikan. Sesehat apapun makanan jika disantap secara berlebihan pun menimbulkan efek yang tidak baik.

Masalahnya, terkadang rasa lapar yang berlebihan atau selera makan besar membuat seseorang ingin terus makan. Hal ini tentu bisa menyulitkan AJangan khawatir, ada trik yang bisa membuat perut terasa kenyang lebih cepat tapi lapar lebih lamnda yang mungkin memiliki nafsu makan besar atau tidak bisa menahan keinginan untuk ngemil. a. Simak tipsnya berikut ini!

1. Dua Gelas Air Putih Sebelum Makan

Minum satu hingga dua gelas air putih setiap sebelum makan. Air putih akan mengisi perut, membuatnya sedikit lebih kenyang sehingga Anda tidak terlalu banyak makan karena perut yang sudah terasa penuh. Selain itu, dengan cara ini Anda juga bisa mengurangi hingga 60 kalori setiap kali makan.

2. Cuka dan Kayu Manis

Cuka dan bubuk kayu manis bisa mengontrol kadar gula dalam darah yang membuat Anda cepat kenyang, tapi lama merasakan lapar lagi. Jika kadar gula dalam darah stabil otomatis keinginan untuk mengkonsumsi makanan manis atau karbohidrat sederhana juga berkurang. Sebab gula darah yang naik-turun secara drastis merupakan salah satu penyebab orang lain lebih cepat lapar.


3. Makan Sayuran Warna Orange dan Hijau

Makanlah sayuran berwarna orange dan hijau seperti wortel, brokoli, bayam dan selada. Sayuran ini mengandung sekitar 90 persen air dan kaya serat, yang membawa sinyal kenyang pada otak sehingga perut pun terasa penuh lebih cepat.

4. Pilih Karbohidrat Kompleks

Mengkonsumsi karbohidrat kompleks (kentang, oatmeal dan beras merah) bisa membuat Anda kenyang hingga berjam-jam dan makan kurang dari 320 kalori per hari. Saat makan siang atau malam, ganti nasi putih atau pasta dengan kentang rebus. Jika ingin rasa lebih enak, jadikan sebagai mashed potato dengan sedikit bumbu garam dan merica, tanpa saus krim atau susu. Sajikan bersama daging ayam tanpa kulit dan sayuran rebus.

5. Perbanyak Ikan-Ikanan

Pilih makanan laut dibandingkan daging merah untuk lauk. Ikan salmon, misalnya kaya akan asam lemak omega 3 yang bisa membantu perut lebih cepat kenyang dan bertahan hingga beberapa jam. Orang yang makan ikan lebih cepat kenyang dibandingkan pemakan daging merah. Dan mereka juga mengasup 75 kalori lebih sehat di jam makan berikutnya.

6. Ngemil Kacang

Ngemil kacang-kacangan (almond, mede atau kacang tanah) sebelum makan. Kacang mengandung serat, protein dan lemak yang mengaktifkan perasaan kenyang sehingga Anda pun akan makan lebih sedikit. Tapi perlu diperhatikan, karena kacang juga memiliki kalori serta lemak cukup tinggi (meski jenisnya sehat) maka konsumsinya harus dibatasi. Makanlah tak lebih dari segenggam kacang-kacangan dalam sehari.

14 komentar

Pola makan juga mempengaruhi berat badan ya mbak Wid?

kalo pengen perut terasa kenyang dan tidak mudah lapar mah gampang mbak, perbanyak ngopi aja hehehe...soalnya kebiasaan ngopi dipagi hari pasti bikin males makan deh :)

Iya mas dengan tidak teraturnya pola makan

nanti bisa kafein lagi mas, tapi aku jarang minum kopi paling juga susu cokelat hehe

Nah kalau ngemil kacang saya suka

Hati-hati juga mbak kalau kebanyakan ngemil kacang malah tubuh jerawat lagi hehe

sepakat dengan jika pola makan tidak teratur akan mengakibatkan nafsu makan akan juga tidak dapat terkontrol, makanya kayu manis dan bau cengkeh biasanya akan membangkitkan nafsu makan yang mulai terpuruk itu teh deh

waduh ngatur pola makan adalah hal paling sulit, itu sebabnya ka rajin ngegym tapi perut masih tetep buncit :D

Saya alergi dengan ikan, kalau buat penggantinya apa ya, lauk yg kalorinya sama dengan ikan selain daging, karena mahal :)

Banyak juga yang bisa di lakukan untuk meng kontrol nafsu makan.
saya sering hari ini males makan besoknya makan banyak banget. apa ini dampak makan tidak teratur juga ya

Kalu masa kecil saya sukanya ngemut kulit kacang asin

Iya takutnya wajahnya kacangan

Pantasan, nafsu makan saya tidak terkontrol karena pola makan saya tidak teratur mbak. Diusahakan deh agar pola makan jadi teratur. Thanks infonya...

rajin-rajin puasa aja deh,
pasti sehat

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon