Jumat, 07 November 2014

Tubuh Tidak Ada Perubahan saat Melakukan Diet? Mungkin Ini Kesalahannya

Diet

Merasa sudah rajin olahraga, tapi tidak juga mendapatkan hasil yang maksimal atau sesuai target? Sebagian orang tidak berhasil memiliki tubuh idaman atau lebih bugar dari sebelumnya karena melakukan kebiasaan-kebiasaan yang salah. Hindari kesalahan olahraga ini yang sering terjadi pada kebanyakan orang.

1. Melewatkan Pemanasan
Setiap orang fitnes pasti akan setuju bahwa pemanasan sangat penting dilakukan sebelum olahraga, apapun jenis latihannya. Pemanasan jadi makin penting apabila Anda melakukan olahraga yang perlu banyak bergerak. Melewatkan pemanasan akan mengurangi efektivitas olahraga dan meningkatkan risiko cidera. Otot-otot Anda akan kurang elastis dan akan terasa lebih sakit serta pegal pasca olahraga.

2. Perut Kosong
Tubuh memerlukan energi untuk bergerak secara intens saat berolahraga. Bagaimana tubuh bisa melakukan aktivitas berat sementara tidak diasup tenaga yang cukup? Misalnya jika Anda ingin membentuk otot maka akan perlu bahan bakar yang berasal dari makanan. Begitu juga ketika berolahraga untuk menurunkan berat badan. Tanpa energi yang bisa dibakar maka tubuh akan mengambilnya dari protein yang terdapat dalam otot. Otot pun kehilangan massanya dan menjadi 'kempes'.

3. Melakukan Latihan yang Sama Terus Menerus
Saat fitnes, banyak pelatih yang akan menyarankan kliennya untuk mengombinasikan beberapa jenis dan gerakan latihan. Misalnya sit up dengan squat dan planking atau angkat beban dengan TRX. Melakukan gerakan yang sama setiap kali fitnes akan membuat otot yang terbentuk hanya di area itu saja, sementara bagian lainnya tidak membentuk sesuai keinginan. Proporsi tubuh dan otot juga jadi tak seimbang, serta kemungkinan cidera lebih besar.

4. Olahraga Terlalu Lama
Sebagian orang masih ada yang menganggap lebih lama olahraga maka hasilnya juga semakin baik. Padahal lamanya waktu bukan jaminan untuk dapatkan tubuh yang lebih sehat dan ideal. Olahraga secara terus menerus selama 45-55 menit saja sudah bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon, apalagi jika dilakukan lebih lama. Ikuti kata tubuh Anda dan latihan lah sesuai kemampuan, jangan memaksakan diri demi mencapai target secepatnya.

Menghabiskan waktu di gym selama satu jam, lalu mengambil kelas latihan berikutnya, kemudian dilanjutkan angkat beban atau lari di atas treadmill bisa menyebabkan Anda overtraining. Akibatnya tubuh bisa pegal-pegal, lelah yang berkaitan dan cidera yang lama untuk disembuhkan.

Baca juga: Tips Menurunkan Berat Badan secara Alami

5. Latihan Terlalu Sering
Semakin sering berolahraga tidak selalu hasilnya lebih baik. Justru Anda menyediakan waktu untuk istirahat. Berolahraga setiap hari bisa memicu terjadinya cidera. Tubuh perlu waktu untuk meulihkan diri dan kembali ke kondisi prima untuk melanjutkan aktivitas olahraga dengan benar, agar hasilnya juga lebih maksimal.

6. Kurang Tidur
Banyak yang menyepelekan arti pentingnya tidur terhadap keberhasilan terget olahraga. Padahal tidur justru komponen yang sangat penting. Jadi jika berat badan tak juga turun padahal olahraga sudah cukup rajin, maka telah lagi kebiasaan tidur Anda tiap malam dan coba memperbaikinya. Anda harus cukup tidur agar hasil olahraga lebih optimal.

7. Memainkan Ponsel
Saat fitnes, sebaiknya taruh ponsel Anda di dalam loker. Jika harus mendengarkan musik sambil olahraga maka aturlah ke airplane mode. Berkirim pesan teks saat olahraga akan membuat Anda lebih banyak beristirahat ketimbang bergerak. Sistem syaraf pun akan kembali menjadi statis. Di saat Anda akan melanjutkan latihan lagi, tubuh belum siap sehingga harus melakukan pemanasan lagi. Kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan cidera dan hanya menghabisakan waktu Anda di gym dengan sia-sia. Saat beristirahat di sela-sela nge-gym sebaiknya dibatasi, maksimal sekali dalam satu sesi.

*sumber gambay by bintang.com

23 komentar

wah saya bisa sukses diet gara2 ngirit, uang nipis buat beli makan. hehe

Lho? Kurang tidur bukannya menurunkan berat badan ya, mbak?

wah tipsnya berguna sekali mbak, semoga bermanfaat bai yang sedang diet

banyak juga penyebabnya nih mbak

Saya mah nggak perlu diet mbak, malah saya di kasih jamu supaya gendut sama nyokap wkwkwk

wah ini gak berlaku buat saya mbk, soalnya saya udah bener-bener langsing bahkan kurus. hehee

Heheheheh dikarenakan saya ini kurus mbak jdi agak takut nih mempraktekan tips nya hehe saya request agar cpet gmuk donk :D

ada 8 ya teh, ntar aku catet dulu, siapa tau nanti tmn ada yg mau diet heheee...

nah pasti ini penyebabnya..
dah diet bertahun2 malah nambah terus timbunan lemaknya :)

Hahaha cara dietnya dengan cara ngirit uang hmm

Ngga mas justru dengan kurang tidur proses dietnya tidak akan optimal jadi waktu tidurnya harus bener2 pas

Iyaaaaa mas mudah-mudahan :)

Begitulah kira-kira mas :)

Oh badan mas imron kecil toh :D

Jangan terlalu kurus juga lah mas nanti kelihatannya ngga bagus hehe

Oke mbak nanti saya share tentang proses penggemukan badan hehe

Kalau tidak berhasil juga coba saja konsumsi dengan suplemen Hi Green mas :)

kenapa sih banyak orang suka diet, wong aku saja malah pengen gemuk kok :D

Karena untuk orang yang mempunyai badan berlebihan di timbangannya jadi mereka ingin diet dan kelihatan langsing juga mas joe :)

Eeeh iya lupa, maaf mas sedikit keliru hehe

gitu ya mbk Ai :D
itung-itung kasian ngeliat timbangannya, terus diet :D

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon