Kamis, 19 Februari 2015

Kebiasaan Membuat Gigi Rusak

Kebiasaan Membuat Gigi Rusak

Malas gosok gigi dan tidak pernah kontrol ke dokter merupakan kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan gigi. Tapi tak hanya itu saja, ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa membuat gigi rapuh bahkan keropos. Ingin tahu apa saja kebiasaan yang dapat membuat gigi cepat rusak? Simak terus ulasannya di bawah ini.

Ada 5 kebiasaan yang membuat gigi cepat rusak, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menyikat Gigi 2 Arah

Orang terbiasa menyikat gigi dengan gerakan horizontal, yaitu menyamping ke kanan dan kiri. Cara ini ternyata bisa mengikis email gigi karena gerakan statis, sehingga hanya bagian itu saja yang di sikat. Melakukan menyikat gigi dengan cara memutar dan perhatikan juga membersihkan di garis antara gigi dan gusi. Jangan hanya fokuskan penyikatan pada bagian depan saja tapi juga bagian belakang dan sela-sela gigi.

Baca juga: [Tips Merawat Gigi Agar Tetap Bersih]

2. Mengunyah Es Batu

Ada sebagian orang suka mengunyah es batu, kebiasaan ini kelihatannya tidak berbahaya bagi gigi tapi sebenarnya gigi tidak punya ketahanan untuk menerima tekanan sekuat itu. Es batu yang sangat dingin bukanlah suhu yang ideal bagi bagian dalam mulut yang cenderung hangat. Ketika ditempa benda keras dengan suhu dingin yang ekstrim, tekanan seringan apa pun bisa membuat enamel mengalami keretakan kecil. Jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus maka retakan itu akan melebar dan menyebabkan gigi sensitif.

3. Minum Minuman Manis Setiap Hari

Minuman manis yang tinggi gula bisa menyebabkan penyebab bakteri di dalam mulut, terlebih lagi jika Anda malas menyikat gigi sebelum tidur. Jika tetap tidak bisa menghindari minuman manis, segera sikat gigi setelahnya atau jika tidak sempat, bila mulut dengan meminum air putih. Bisa juga dengan berkumur air putih setelahnya.

4. Menggunakan Gigi Sebagai "Alat"

Banyak yang memilih menyobek bungkusan cemilan dengan gigi taring ketimbang mencari gunting untuk membukanya. Bahkan yang lebih ekstrem lagi, membuka tutup botol dengan gigi. Kebiasaan itu sangat berbahaya bagi kesehatan gigi dan mulut. Seiring bertambahnya usia, kondisi gigi akan menurun dan lebih rapuh. Jika sejak muda Anda sudah memperlakukannya dengan tidak wajar, maka bukan tidak mungkin gusi dan gigi terluka dan kerusakannya lebih cepat.

5. Kurang Lama

Kebanyak orang berpendapat, asalkan sudah menyikat gigi maka gigi sudah bersih dan bebas dari keropos atau gigi berlubang. Padahal sikat gigi perlu waktu yang cukup lama. Perlu setidaknya sikat gigi selama 15 menit agar bersih sempurna. Waktu 15 menit sudah termasuk flossing, menyikat gigi dan berkumur.

Jika Anda terus menerus minum sesuatu yang manis seperti kopi dengan gula sirup atau sari buah maka mulut tidak punya cukup waktu untuk menghindari pembentukan bakteri yang timbul akibat makanan atau minuman manis. Cara paling tepat adalah membersihkan mulut dan gigi segera setelah mengkonsumsinya.

Source of wolipop.com

13 komentar

makan yang manis2 juga bisa mbk

pantesan gigi saya pernah menderitakan hidupku, soalnya kalau sikat gigi suka dua arah, dan suka dipake buat buka tutup botol, mulai sekarang mah ngga akan pake gigi lagi deh

wow. baru tau, apalagi menyikat gigi butuh waktu setidaknya 15 menit. lamanya...

menyikat gigi sebelum tidur juga bagus soalnya jika tidak sikat gigi sebelum tidur nanti dimarahin sama pepsoden.sikat gigi lah sebelum tidur..

menyikat 2 arah bisa bikin rusak toh, berarti selama ini salah dong.

@Mitra : Justru jangan terlalu mengkonsumsi yg manis-manis.

@Cilembu : Kan kalau buka tutup botol sudah ada alatnya ngapain harus pake gigi nanti giginya copot hehe

@Jim : Biar giginya benar-benar bersih.

@Hendri : Iya kali pepsoden itu manusia x_x

saya biasanya cuma 5 menit gosok giginya...pantasan banyak karang gigi ya

Selain menyikat gigi, saya juga biasa membersihkan gigi dengan MOuthWash

@Daniel : Berarti itu belum bersih :D

@Asep : Oh bukan listerin iya mas hehehe

Ohh jadi kebiasaan mengunyah es batu itu buruk, hehee.. kebiasaan banget dari jaman sekolah, dulu itu tiap minim yg ber es pasti ak kunyah.
ya efek nya sekarang dua gigi geraham kiri bawah pada bolong, padahal aku kurang suka makan atw minum manis, paling kopi yg ga lepas.
aku jg termasuk hobi gosok gigi, tapi ya itu tetep aja gigi bolong *malah curhat hehee...

terima kasih info nya, salam kenal jg buat ibu dokter nya..

@Leo : Mau gosok gigi serajin apapun juga kalau emang giginya udah bolong iya bolong aja ga akan kembali utuh. Kalau ga mau bolong lagi tinggal tambal aja ke tukang gigi hehe

kalau menghilangkan karang gigi gimana caranya ya mbak??

@Kita : Bawa ke dokter aja!

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon