Selasa, 17 Februari 2015

Keuntungan Olahraga di Pagi Hari

Keuntungan Olahraga di Pagi Hari

Waktu terbaik untuk berolahraga yaitu olahraga di pagi hari atau sore hari sama baiknya dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Tapi ada beberapa keuntungan lebih jika Anda bangun tidur lebih awal dan beraktivitas fisik saat matahari terbit. Keuntunganny bisa Anda simak seperti dibawah ini, antaranya adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Metabolisme

Bahwa olahraga pada saat pagi hari bisa meningkatkan metabolisme dan mempertahankan sepanjang hari. Memaksimalkan peningkatan metabolisme Anda dengan weight training ketika latihan pagi. Angkat beban merupakan metode yang telah terbukti baik untuk metabolisme tubuh.

Baca juga: [Tulang Tetap Kuat dengan Olahraga secara Rutin]

2. Menyegarkan Pikiran

Ketika Anda bangun tidur, mungkin kegiatan yang paling terakhir melintas di otak Anda adalah olahraga. Tetapi olahraga pagi justru bisa membuat pikiran jernih dan segar. Anda pun akan lebih terjaga dan bersemangat setelahnya. Apa lagi yang lebih baik dari bangun pagi dengan otak yang jernih dan tubuh bersemangat. Latihan fisik jauh lebih efektif untuk menaikkan ketajaman indra.

Baca juga: [Senam Aerobik Badan Sehat dan Bugar]

3. Lebih Konsisten Olahraga

Dengan berolahraga di pagi hari, kemungkinan Anda untuk disiplin dengan rutinitas latihan lebih besar. Ketika mematok jadwal olahraga di sore atau malam hari. Biasanya ada saja gangguan yang membuat Anda punya sejuta alasan untuk membolos. Tapi jika di pagi hari sudah berolahraga, maka Anda bisa bebas melakukan apa saja setelah jam pulang kantor.

4. Membakar Lebih Banyak Kalori

Olahraga di pagi hari membakar kalori lebih banyak dibandingkan sore atau malam hari. Alasannya, Anda cenderung menghabiskan waktu lebih lama dan punya lebih banyak energi, karena di pagi hari belum banyak tenaga yang terkuras. Sementara di akhir hari, biasanya Anda sudah memakai cukup banyak tenaga untuk bekerja dan beraktivitas sehingga energi yang tersisa tak sebanyak ketika bangun di pagi hari.

Tips ini tidak sepenuhnya menyarankan Anda untuk memaksakan diri untuk berolahraga di pagi hari. Jika memang tidak sempat, latihan di sore atau malam hari pun tetap baik daripada tidak berolahraga sama sekali. Namun jika punya banyak waktu luang di pagi hari, akan lebih baik jika berolahraga setelah bangun tidur.

17 komentar

Olahraga dipagi hari memang menyehatkan dan juga banyak manfaat lainnya ya, cum melaksanakannya ini nih yang masih males-malesan aja :)

Udara pagi hari masih segar ya.. Enak buat olahraga.. :D

kalo saya lebih suka ngopi di pagi hari..

Saya sepakat dan kebetulan juga gemar berolahraga paling tidak setiap hari minggu...

Saya bingung kalau mau olahraga pagi itu. Makan dulu sebelum olahraga atau olahraga dulu baru makan. hehehehe

Harus pintar-pintar lihat situasi pagi hari sekarang ini, karena lagi musim hujan, kalau tidak bisa keluar untuk olahraga, ya olahraga di rumah saja deh...

wahhh kebetulan sekali nihh mbak aii saya punya kebiasaan buruk yakni gak suka olah raga mau pagi ataupun sore haha dan semoga dengan membaca artikel mbak mengenai manfaat dari olah raga pagi ini memberikan semangat baru kepada saya agar menyukai olah raga :D

wah, harus lebih dirutinkan untuk olahraga pagi nih ^.^

Pas banget
tadi pagi aku baru mulai lari-lari lagi
(udah lama nggak, sejak magang)

sekarang2 karena tinggal skirpsi doang jadi punya banyak waktu pagi hari hehe
semoga kita sehat selalu ^^

@Marnes : Lawan rasa malas demi kesehatan hehe

@Pengetahuan Produk : Minimal apanya iya mbak?

@Beby : Yuuuk mari kita berolahraga

@Hendri : Itu sih bukan olahraga pak hendri hadeh

@Iqrozen : Hmmm bagus deh :) lanjutkan!

@Ridha : Makan dulu biar ga lapar deh dalam perjalanan terus kalorinya terbuang deh terus jadi langsing badannya hehehe

@Indra : Olahraga di rumah juga bisa, contohnya iya senam aerobik saja atau angkat beban :D

@Ainnul : Kalau tidak suka dengan olahraga badannya pada suka kaku tuh mas, hati-hati :)

@Jim : Iya tentu dong!

@Aul : Enak tuh punya banyak waktu di pagi hari dan di manfaatkan pula untuk berolahraga, sip deh mas aul (y)

Terasa banget manfaatnya jika pagi pagi sudah keluar keringat badan jadi segar aktivitaspun lancar

Aaakk, yang konsisten itu yang susah. Kalau semangat di awal sih, udah. Tapi kelanjutannya

This is what my husband does every morning.. Saya juga, tapi malas gerak nya, cuma nyemangatin suami aja hehehee ^_^ nice post.

@Dwi : Di jamin deh melakukan aktivitas di pagi hari juga semakin semangat.

@Jiy : Harus semangat dong, biar lebih semangat ajak istri, pacar, atau gebetan deh.

@Asti : Dengan rajin berolahraga akan semakin sehat lho hehe

kalo aku abis olahraga pagi malah jadi ngantuk bawaannya kak -_-

@Sulis : Itu karena kecapean

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon