Kamis, 12 Februari 2015

Manfaat Renang untuk Bayi

Manfaat Renang untuk Bayi
google.com

Meskipun masih bayi, bukan berarti si kecil tidak bisa diajak berenang. Prioritaskan manfaat berenang tersebut ketimbang memikirkan apa dampak buruknya jika anak di ajari berenang sejak bayi. Ada banyak manfaat dari mengajarkan anak berenang sejak dini. Selain membuatnya terbiasa dengan air sehingga mengurangi resiko dirinya tenggelam, berenang sejak dini juga berguna untuk perkembangan dan pertumbuhan si anak.

Baca juga: [Manfaat Renang untuk Ibu Hamil]

Mau tahu apa saja manfaat renang bagi bayi? Yuk, ikutin terus ulasannya di bawah ini mom.

  1. Anak-anak yang berenang sejak bayi, memiliki perkembangan motorik yang lebih baik. Berenang membuat bayi menggerakkan seluruh tubuh mereka, mulai dari tangan, kaki dan kepala.
  2. Anak-anak yang berenang sejak kecil akan terbiasa mengikuti instruksi atau mendengarkan perkataan orang lain. Hal ini membuat kemampuan kognitifnya semakin berkembang. Perkembangan koginitif pada bayi meliputi berpikir, belajar, dan proses pemecahan masalah.
  3. Anak-anak yang belajar berenang sejak kecil bisa lebih mudah beradaptasi dan bersosialiasi dengan orang lain. Hal tersebut karena saat berenang, mereka biasanya bertemu dengan anak-anak lain 
  4. Saat berenang, anak-anak belajar bagaimana orang berbicara saat memberikan instruksi untuk bergerak. Sehingga ke depannya, anak-anak yang belajar berenang sejak bayi kemampuannya berbicara akan lebih cepat berkembang.
  5. Berenang secara rutin juga bisa mempengaruhi nafsu makan dan pola tidur anak.

Baca juga: [Ibu Hamil Perlu Konsumsi Makanan Sehat]

Agar si kecil tidak jatuh sakit usai berenang, perhatikan beberapa hal berikut:

  1. Usahakan anak tidak menelan air kolam renang. Jika sudah mulai besar, ajari anak bagaimana caranya agar tidak menelan air. Biasanya karena menelan air kolam inilah anak jadi terkena kuman dan jatuh sakit.
  2. Anak harus mandi sebelum dan sesudah berenang sesegara mungkin. Keringat dan penggunaan tabir surya juga bisa menurunkan kadar kaporit. Oleh karena itu mandi sesudah berenang wajib dilakukan agar kuman tidak menempel di kulit.
  3. Jika anak ingin makan saat istirahat berenang, cucilah tangannya terlebih dulu. Cuci tangan dengan sabun yang mengandung desinfektan.
Sumber artikel : wolipop.com

10 komentar

Anak saya sekarang udah berusia 2 tahun, tapi belum pernah di ajarin berenang....apa tidak masalah ya? saya khawatir juga dengan air yang terdapat pd kolam renang....bisa terkontaminasi

Waktu anak kami yang pertama dulu, Abbie, saat masih bayi juga sering diajak renang dengan ayah bundanya. Seru banged. Kadang sampai nangis nangis dianya hiehiehiheiheiheiheiheie

jadi makin tahu pentingnya mengajarkan renang pada anak sejak masih kecil ya, tapi kadang saya suka lupa pada anak kalau sedang berenang, asik sendiri

kecilnya sya gk pernah diajak berenang ,,,heheheh :D
ntr deh klo sy sy dh puny anak mw sy ajak renang ... :D

@Daniel : Cari saja air kolam renangnya yang bersih :)

@Asep : Wajar kalau nangis, mungkin masih trauma dengan melihat air yang begitu banyaknya hehe

@Santika : Wah itu sih mamah yang tidak mau tanggung jawab namanya ckck

@Fiu : Tapi sekarang bisakan berenang? *krik* *krik*

besok anak saya juga mau tak ajari renang, masih nunggu agak besar lagi, biar lebih jago dari pada ayahnya

@Ilmu : Nah bagus tuh hehehe

Hihihi.. Lucu ya kalok adek bayi uda berenang.. :D

anakku nih hobi banget berenang... Cuma karena sekarang lg musin hujan gini aku larang dulu... Susahnya itu ngeluarin dia dari kolam, karena keseringan "ga mau pulang, mau berenang ajaa" -__-

@Beby : Namanya juga bayi pasti apa yang mereka lakukan pasti lucu dan menggemaskan :D

@Fanny : Kalau lama-lama di kolam renang akan menggigil pada anaknya bisa-bisa akan masuk angin, sewajarnya saja.

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon