Sabtu, 28 Februari 2015

Tips Agar Terhindar dari Sakit Punggung

Tips Agar Terhindar dari Sakit Punggung
Sumber gambar indotopinfo.com

Sering merasakan sakit di punggung, otot tegang atau leher kaku? Mungkin tas bawaan Anda penyebabnya. Kebiasaan membawa banyak barang di tas ternyata bisa mengganggu anatomi tubuh. Rasa sakit umumnya dialami pada bahu, punggung bagian bawah, leher, kepala bahkan ngilu pada persendian.

Sayangilah tubuh dan tulang Anda, jaga agar tidak mengalami kerusakan permanen. Ini ada beberapa tips agar punggung atau bagian tubuh lainnya tidak merasa sakit lagi, diantaranya sebagai berikut.

1. Atur Barang Bawaan dalam Tas

Membawa beban berat di punggung dapat mengakibatkan berbagai penyakit di sekitar tulang punggung. Salah satunya adalah postur membungkuk, sakit punggung, ketegangan otot dan terkilir.Distribusi beban yang tidak merata dapat menyebabkan masalah postural. Seperti bahu yang bongkok, sindrom impingement pada bahu, sakit leher kronis, tekanan dan peregangan pada jaringan yang dapat mengakibatkan rasa sakit dan kesemutan. Pengobatan yang tepat adalah dengan mengistirahatkan otot yang sakit, memperbaiki postur tubuh dengan olahraga.

Baca juga: [Cegah Pengeroposan Tulang dengan Makanan Tinggi Kalsium]

2. Kurangi Tarikan Otot

Jumlah beban yang dapat dibawa seseorang sangat bervariasi. Bisa tergantung pada barang bawaan, cara mengangkat atau orang itu sendiri. Jika salah satu punggung terasa sakit saat mengangkat tas, jangan dipaksakan, taruhlah tas tersebut. Mintalah teman untuk membagi beban bawaan jika terasa terlalu berat.

Baca juga: [Mengapa Tulang Sendi Sering Mengalami Sakit]

3. Kenali Gejalanya

Bagaimana Anda tahu kapan membawa beban terlalu banyak. Segala bentuk ketidaknyamanan adalah tanda bagi Anda untuk berhenti membawa beban berat. Mengangkat beban secara tiba-tiba tidak menyebabkan cedera seperti yang ditimbulkan adanya tekanan pada punggung. Tekanan berar menyebabkan ketegangan pada otot tubuh. Pastikan beban dapat terbagi rata pada tubuh, jika sudah muncul gejala sakit pada punggung, cobalah untuk mengobati rasa sakit tersebut.

21 komentar

jadi jangan memaksakan ya mba.. oke terima kasih tipsnya yah

Banyak duduk didepan komputer seperti blogger juga bisa sakit punggung tuh

Kalau mengalami sakit pada punggung kegiatan ngeblog juga akan terganggu ya mbak? Oleh sebab itu 3 hal di atas bermanfaat untuk kita perhatikan. Terima kasih.

saking punggung itu gak enak banget, makasih mbak infonya...paling nyaman kayaknya pake backpack ya Mbak?

Saya pernah mengalami sakit punggung akibat tarikan otot di bagian punggung.. kejadian ini karena abis perjalanan jauh menggunakan motor... memang benar saya waktu itu membawa barang yang berat di dalam tas... ngilaingin rasa sakitnya cuma dengan tiduran...

Alhamdulillah saya sehat-sehat aja, nih. Jarang ngerasa sakit seperti yang dipaparkan di ataa.
Semoga tipsnya membantu mereka yang sering sakit punggung, yaa..

Kalau gue udah kayak gitu biasanya langsung rebahan sambil rileks.... Hahaha lumayan bisa ngurangi tefangnya otot :))

Duh, kadang-kadang barang bawaan di tas punggungku berat bingits... abis keadaan memaksa gitu sih....

Atau mungkin karena kurang senam dan olahraga ya? :D

Selain faktor diatas, menurutku ada lagi.. Dari cara duduk bisa mempengaruhi juga loh. Walaupun aku belum tau teori pastinya sih.

sering nge-update artikel juga bisa jadi hehe...

Saya sakit punggung karena pernah jatuh dari lantai 2 mbak?

kalo sering nunduk ngaruh juga kan ya? soalnya pake laptop gak pernah pake meja.. lama-lama sakit juga punggung dan pundak ._.

wah bener sekali mbak, alhamdulillah saya jarnag

Kalau saya sakit leher belakang pegel karena sering laptopan, cara menggatsinya bagaimana mbak wida ?

@Santika : Jangn terlalu aja kalau punggungnya mau sehat mah :)

@Dwi : Iya saya juga demikian setiap hari 8 jam per hari duduk depan komputer duh x_x

@Uda : Betul mas awak karena saya juga seorang blogger hehe

@Ninik : Gak enak to the max ganggu banget lah mbak :(

@Achmad : Hmm mudah-mudahan tidak terjadi apa2 iya mas, dan dengan tiduran juga bisa menghilangkan rasa sakitnya.

@Renggo : Selalu jaga kesehatannya iya mas renggo (y)

@Wahyu : Iya jangan banyak gerakan dulu deeeeh

@Blogditter : Kalau bisa jangan satu tas saja coba bagi2 menjadi dua tas gitu biar ga berat banget hehehe

@Hilda : Hmm bisa juga itu menjadi faktornya mba..

@Komik : Iya kelamaan duduk akan terasa sakit apabila kembali berdiri dan akan terasa sakit banget ketika menjelang makam saat mau tidur

@Leony : Iya kelamaan duduk depan komputer dan rajin untuk olahraga juga

@Jumanto : Hah lt. 2? Sakitnya bukan main tuh kang

@Tribuana : Hmm pakai meja agar ga nunduk terus kasian pundaknya mas hehe

@Albar : Syukur deh...

@Edi : Coba pergelangan leher di putar2 secara perlahan cobalah latihan2 untuk olahraga gitu

kalau sudah sakit pinggang akan susah tidur, biasanya diganjal bantal :)

saya termasuk sering mengalami sakit punggung. dan itu mungkin kebanyakan duduk. saya type orang yang duduk itu tegap (membiasakan diri), nggak bungkuk. jadi kadang2 kurang rileks rasanya.

Aktivitas berlebihan kadang bikin sakit punggung, pegel2 semua..

@Arif : Nah kalau itu tergantung kemauan kalian saja.

@Rinie : Kalau duduk dibikin nyaman aja mba..

@Rianda : Obatnya istirahat.

Ngga boleh duduk terlalu lama jugak kan ya..

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon