Kamis, 12 Maret 2015

Dampak Negatif Makan Terlalu Malam

Dampak Negatif Makan Terlalu Malam
duniafitnes.com

Banyak orang yang berfikir bahwa mengkonsumsi makanan terlalu malam hanya akan menambah ukuran pinggang. Namun ternyata kebiasaan buruk itu juga bisa berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Mengkonsumsi makanan padat kalori di siang hari bisa memberikan tambahan energi, mengendalikan nafsu makan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Namun, jika makanan kaya kalori dimakan pada malam hari, justru bisa berakibat sebaliknya. Berikut dampak mengkonsumsi makanan larut malam, diantaranya sebagai berikut.

1. Kualitas Tidur

Jika Anda merasa lapar saat tengah malam, hindari mengkonsumi makanan atau minuman yang mengandung cairan setiap sup atau milk shake untuk mencegah keinginan buang air kecil saat tidur. Hindari pula makanan dan minuman berkafein, seperti coklat, kopi, minuman berenergi dan makanan energi lainnya karena bisa membuat Anda sulit tidur dan menyebabkan pusing ringan saat siang hari.

Gantilah makanan ketika ingin makan pada malam hari dengan oatmeal dengan susu rendah lemak dan menghindari makanan beporsi bersar serta pedas karena bisa menyebabkan ketidaknyamana pada perut Anda nantinya.

Baca juga: [Tips Jitu untuk Badan Lebih Berisi]

2. Berat Badan

Tidak berpengaruh secara langsung, mengkonsumsi makanan saat larut malam bisa mengakibatkan peningkatan berat badan. Makanan padat kaya akan kalori, rendah nutrisi dan ringan sehingga tidak memberikan rasa kenyang yang akhirnya meningkatkan pengonsumsian berlebihan. Jika Anda membatasi kalori pada keesokan harinya dengan tujuan kompensasi, maka siklus makan ini bisa terjadi lagi dan menyebabkan berat badan meningkat drastis.

Makanan mengandung kaloti pada tengah malam sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan, namun hal ini hanya berlaku bagi mereka yang sakit atau sedaang dalam perawtan medis dan memiliki nafsu makan yang kurang. Jika Anda salah satunya, pilihlah makanan segat kaya akan kalori seperti kacang-kacangan, alpukat, keju atau makanan ringan olahan.

Baca juga: [Pola Makan Tidak Teratur Berakibat Nafsu Makan Tak Terkontrol]

3. Mulas dan Asam Reflux

Asam reflux adalah kondisi umum dimana asam lambung naik kembali ke kerongkongan setelah makan. Kondisi ini biasanya disertai dengan rasa mulas atau nyeri seperti terbakar. Pada bagian tengah dada, walau tidak setiap saat kondisi tersebut bisanya terjadi sebagi peringatan atas penyakit GERD (Gastoesophageal Reflux Disease) kronis.

Berbaring setelah makan dapat memicu asam reflux dan gejala GERD lainnya, Terlalu banyak makan atau mengkonsumsi makanan tinggi lemak, berminyak atau asam pada malam hari dapat meningkatkan risiko ini. Oleh karean itu, hindari mengkonsumsi makanan saat larut malam jika Anda rentan terhadap asam reflux atau mulas.

Source of wolipop

25 komentar

makan terlalu malam ngaruh ama tidur ya...tapi temen saya abis makan malam tidurnya pulas abis plus ngorok lagi.....sungguh terlalu

hi..hi..hi...nomer 2 tuh....takut..... :)

berat badan itu yg nggak nguatin :)

justru saya sering makannya itu larut malam mbk, soalnya kalau begadang sukanya lapar. hehee

gue sering kebangun malem malem karna laper
trus makan deh

ternyata bahaya ckckck

hehe, saya nih, yang sering makan terlalu malam. :)
tapi Alhamdulillah tubuh masih ramping :D

iya emng bner mba,, sadar sih dampak negativenya tapi ngehindarinnya susah jg , hmmmm

ini yg mulai saya hindari, biasanya sebelum maghrib sudah berhenti makan berat..
yg ringan2 ajah dibanyakin haha

klo makan terlalu malam jarang, tapi klo nyamil sering banget

katanya sih memang makan terlalu malam itu gak bagus, tapi saya sendiri kurang paham, mungkin karena beberapa hal yang diuraikan artikel mbk diatas ya, soalnya yang saya tahu, pokoknya gak bagus, bisa bikin gemuk.hehe

Waduh padahal saya suka makan tengah malam, supaya Berat Badannya naik. tapi tetap saja gak naik-naik :'(
suplemen yg bikin naikin berat badan tanpa harus makan banyak ada mba..? kebanyakan suplemen untuk menurunkan berat badan

wahh kayaknya saya perlu tahu ini mbak...hehe thanks y mbak wida jadi pengen makan malam ma mbak wida haseehh gubrakzxxx haha haseee

@Daniel : Itu mah orangnya asal perutnya udah kenyang aja ga mikirin kesehatan :D

@Yuni : Tenang, kalau mau ideal atau mau menaikkan berat badannya, menyediakan obatnya mbak hehe

@Dwiex'z : Minum hi green aja buat nuruninnya :D

@Budi : Jangan di biasakan mas, ga baik juga buat kesehatan.

@Karina : Bahaya kalau ga dikasih makan mah wkwk

@Jim : Syukurlah (y)

@Iin : Pasti bisa!

@Wong : Asal jangan sampe kekenyangan haha

@Rachmat : Awas perutnya buncit :D

@Ilmu : Iya salah satunya itu, kalau ga pengen gemuk beli Hi Green aja :)

@Achmad : Ada, nama suplemennya Zinc, Mau pesan? Silahkan saya menyediakannya :)

@Angkisland : Tapi bayarin yah wkwkwk

Waduh, saya sudah terlanjur terbiasa makan terlalu malam, mbak...ternyata berdampak negatif juga terhadap kesehatan. Terima kasih infonya...

ternyata makan terlalu malam ada dampak negatifnya juga ya mbak, Terkadang saya juga suka makan di malam hari, soalnya enak banget tidurpun bisa nyenyak hehehe

Jadi ini berat badanku naik murni karena aku sering makan terlalu malem deh ._.

Kalau saya malah sering makan malam Mba, tapi kalau pas lagi kerja ngelembur aja. Karena kalau kosong takut masuk angin, kan bahaya juga. He,, he,, he,,,

@Uda : Sekarang jangan di biasakan dong :D

@Hary : Nyenyak tapi kan bisa berakibat berat badan naik xixi

@Febri : Kalau mau nurunin atasi dengan Hi Green aja :D

@Indra : Iya sama-sama bahaya tapi coba utk teratur aja makannya (y)

kalo makan malam suka lupa makanya saya sering kemaleman.baru tau juga ini dampaknya...huhhh

Tapi, kalo lagi begadang bukannya harus makan, ya? Biar nggak masuk angin gitu. :/
Yaudah, makasih infonya. Gue harus jarang-jarang makan malem. Kebangun karena sakit perut nggak enak. :(

wahhh aku padahal sering melakukannya, ngemil cantik tengah malem nih :'(

Bisa bikin genduuuut! Huahahah :D

Wahh gw bgt tuh makan malam terlalu malam.. apa bener yaa bisa bkin buncit perut

@Hendri : Dan sekarang saya kasih tahu..

@Yoga : Bisa asal jangan langsung di tidurin aja deh

@Gustyanita : Hati-hati bisa menyebabkan perut buncit. Kalau udah buncit atasi dengan Hi Green aja deh hehe #promo

@Beby : Jangaaaaan makan malem terus dong wkwk

@Ilham : Kalau ga percaya cobain aja sendiri biar tahu :D

iya bener nih, malemnya minum yg ada caffein, siangnya suka pusing.

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon