Rabu, 11 Maret 2015

Dapatkan Manfaat dari Buah Apel

Dapatkan Manfaat dari Buah Apel
Apel adalah jenis buah-buahan atau buah yang dihasilkan dari pohon buah apel. Buah apel biasanya berwarna merah kulitnya jika matang dan siap untuk dimakan. Namun, bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya agak lembek, daging buahnya keras, buah ini memiliki beberapa biji didalamnya.

Kebanyakan apel bagus dimakan secara mentah dan juga digunakan banyak jenis makanan pesta. Apel dimasak sampai lembek untuk dibuat saus apel. Apel juga dibuat untuk menjadi minuman sari buah apel. Apel mengandung vitamin C yang tidak seberapa, tetapi kaya dengan senyawa antioksidan lainnya. Dan ini beberapa manfaat yang didapatkan dari buah apel informasi yang saya dapat, diantaranya sebagai berikut.

1. Menurunkan Kolesterol

Makan satu butir buah apel dengan ukuran yang sedang sudah mengandung sekitar 4 gram serat. Beberapa jenis apel mengandung pectin, jenis serat larut yang diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca juga: [Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan]

2. Melangsingkan Tubuh

Makanlah apel bersama kulitnya setelah dicuci bersih. Didalam kulit apel terdapat ursolic acid, zat yang membantu mengurangi risiko obesitas. Ursolic acid berfungsi memperbanyak pembakaran kalori, sekaligus meningkatkan kekuatan otot.

3. Mencegah Kanker

Berdasarkan penelitian, apel bisa mengurangi risiko kanker usus besar, kanker prostat dan kanker paru-paru. Konten serabut dalam buah apel membantu mengontrol pergerakan usus, maka mengurangi risiko kanker usus besar, serat apel juga membendung penyakit jantung.

4. Mengurangi Risiko Diabetes

Buah apel, pir dan blueberry berkhasiat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Berkat kandungan antioksidan anthocyanins, yang memberi warna merah, ungu dan biru pada beberapa buah-buahan dan sayuran.

5. Meningkatkan Kekuatan Otak

Apel bisa membantu mempertajam daya ingat dan menurunkan risiko Alzheimer di usia senja nanti. Sebab apel membantu meningkatkan produksi acetylcholine, zat yang menghubungkan sel-sel syaraf sehingga bisa berfungsi dengan baik

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan pada pagi hari ini semoga yang membaca artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian. Dan selalu jaga kondisi kesehatan Anda dengan teraturnya mengkonsumsi Vitamin C dan salam sehat.

25 komentar

Hmmm...
Kalau apel mesti pilih-pilih yang kualitasnya bagus. Baru aja kemarin ada berita apel impor yang ditarik pemerintah dari pasaran kan.
Harus hati-hati lagi.

Mau sehat malah jadinya keracunan gara-gara salah pilih apel.

Hmmm...
Kalau apel mesti pilih-pilih yang kualitasnya bagus. Baru aja kemarin ada berita apel impor yang ditarik pemerintah dari pasaran kan.
Harus hati-hati lagi.

Mau sehat malah jadinya keracunan gara-gara salah pilih apel.

saya taunya cuma bisa menurunkan kadar kolestrol saja, ternyata banyak sekali akan manfaat dari buah Apel ini ya Mbak,

ternyata bisa buat diabetes juga ya aple ini, mantep banget khasiatnya

Jadi, orang yang suka makan apel bisa meningkat kekuatan otaknya. Kalau begitu bisa juga memperkuat daya ingat dan daya nalar mbak...

oalah .. saya baru tau ternyata kulit apelnya itu ya mengandung zat yang mengurangi risiko obesitas, hmmm kebiasaaan ngupas kulit apel berarti salah ya mba.. maksih mba infonya :)

harusnya memang menyehatkan, tapi yg terjadi sekarang banyak dijual apel2 impor yg malah berbahaya.

Mari kita konsumi apel. Ternyata khasiatnya banyak sekali.
Kalau apel merah atau apel hijau, khasiatnya sama saja kan..

Apel ini adalah salah satu buah yang kurang menempel di hatiku, hehe.... Aku jarang banget makan apel. Padahal manfaatnya ternyata banyak juga, ya....

iya nih, banyak sekali manfaatnya. Kemarin sama ibu mertua mau dibikinkan minuman pakai apel malang buat nurunkan kolesterol, tapi belum jadi. Kolesterol saya kemarin lumayan tinggi, lalu saya memperbaiki pola makan, semoga semakin normal. Amin.

@Haris : Iya asal jangan ceroboh aja memilih buah-buahannya :)

@Hary : Nah sekarang sudah tau kan apa saja manfaatnya dari buah apel (y)

@Salman : Semoga berkhasiat di tubuh mas salman hehe

@Uda : Coba saja mas :D

@Iin : Yooo sama-sama mba..

@Terfirman : Berarti sekarang giliran kitanya yang harus hati-hati kalau ingin membeli buah-buahan (y)

@Fidah : Tapi lebih bagus apel yang berwarna merah mba..

@Blogditter : Kenapa ga suka mas, padahal kan enak xixi

langsung ke toko buah, beli apel sekilo

waw ternyata banyak juga manfaat dari apel ... tapi sayang ya harganya mahal hehehe.... apa mending nanem dulu ya biar gak beli.. ups, tapi lama hehehe....

Hari ini banyak sekali yang posting buah - buahan... jadi ngiler sayah eheheh

Mbak, bagusan makan apel sama kulitnya atau tanpa kulit?

eh, tapi dari sebuah buku yang pernah saya baca, kok poin nomer 5 malah sebaliknya, katanya apel dapat mengganggu ingatan, karena kandungan apa gitu (lupa).
mau cari tahu lebih lanjut dulu. ^^

wahhh ternyata si merah ini manis ini banyak sekali manfaat nya yah buat kesehatan dan ternyata kulitnya juga kaya akan manfaat yah untung saja kalo makan apel kulit nya gak pernah saya kupas :D

@Yono : Mahalan buah anggur lah daripada apel mang, belinya setengah kilo aja biar gak berat dikantong wkwk

@Riandra : Sama kulitnya, kan sudah dijelaskan diatas :)

@Jim : Silahkan, kasih tau kalau aku salah buat informasinya iya hehehe

@Ainnul : Bagus, tapi jangan lupa cuci bersih dulu yah hehehe

sbenernya saya gasuka apel.tapi kayanya sekarang harus suka deh :D

Kalau buah apel itu, berapa buah ya baiknya perhari? apa satu buah satu hari aja cukup? :)

Buah apel bisa untuk pelangsing juga... baru tau mba.. semua manfaatnya berlaku untuk semua jenis apel ya

Alhamdulillah setiap malem sebelum tidur apel adalah buah wajib yang pasti aku makan, tp aku lebih suka apel yang dagingnya garing dibandingkan yang lembek, dengan warna kulitnya yang nggak terlalu merah itu lohh :)

apel saya emng suka banget mbak mantap euyy....

@Hendri : Sukanya di apelin siiiiih :D

@Hanif : Secukupnya saja asal jangan berlebihan, mau 1 atau 2 juga boleh :)

@Achmad : Tapi yang lebih bagus apel merah mas achmad hehe

@Keke : Iya memang lebih bagus dagingnya yang garing mbak kalau lembek ga enak xixi

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon