Rabu, 04 Maret 2015

Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan


Buah anggur merupakan tanaman buah yang berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga vitaceae. Buah ini biasanya digunakan mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya.

Buah anggur tidak hanya bersumber dari vitamin A, C, B6 dan folate yang baik. Tetapi juga bersumber mineral penting lainnya seperti potassium, calcium, iron, phosphorus, magnesium dan selenium. Semua vitamin tersebut berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Dan disini ada beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan dari buah anggur, diantaranya sebagai berikut.

1. Asma

Buah anggur memiliki kekuatan assomilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini sangat baik bagi penderita asma karena dapat mengurangi masalah sesak nafas.

Baca juga: [Turunkan Tekanan Darah dengan Buah dan Sayur]

2. Sembelit

Buah anggur juga dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami sembelit. Buah anggur mengandung asam organik, gula, selulosa yang terkenal sebagai pencahar. Manfaat ini sangat baik untuk mengatasi keluhan sembelit atau susah buang air besar.

3. Pencernaan

Apabila Anda ada masalah dengan pencernaan, ada baiknya Anda bisa mengkonsumsi buah anggur. Karena buah anggur juga bermanfaat untuk melancarkan masalah di dalam perut Anda.

4. Penyakit Jantung

Jenis penyakit yang sangat berbahaya ini juga buah anggur terdapat manfaatnya bagi kesehatan jantung kita. Karena di dalam buah anggur terdapat tingkat oksida nitrat dalam darah akan meningkat ketika Anda mengkonsumsi buah anggur, yang bermanfaat untuk mencegah pembentukan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidannya juga dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.

Baca juga: [Tips Menjaga Jantung Tetap Sehat]

5. Menguarangi Rasa Lelah

Cobalah untuk mengkonsumi jus anggur karena buah anggur yang di jus mengandung energi instan. Jus anggur yang kaya akan zat besi dapat mengurangi rasa lelah diimbangi dengan istirahat yang cukup.

Demikian informasi yang dapat saya ketahui tentang manfaat buah anggur yang dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, jangan lupa untuk menjaga selalu kesehatan kita karena sekarang sedang ada dalam musim hujan.

31 komentar

Wah tumben dapat pertamax di blognya mbak wida. hehe.

Waduh saya lupa kalau di moderasi dulu haha. Maaf ya mbak Wida, dari apa yang sudah saya baca di situs luar negeri, Salah satu manfaat buah anggur lainnya buat kesehatan adalah bisa mengurangi resiko terkena kanker. Tapi 5 manfaat buah anggur diatas bagus juga untuk menambah wawasan saya. Terima kasih atas informasinya mbak wida. :D

wah selain seger ternyata banyak manfaatnya juga ya...
aku lebih suka makan buah dikunyah daripada dijus, lebih seger aja di mulut, hehe

anggur selain rasanya enak, juga byk manfaatnya Ya Mba Ai..?

apa tidak baik tuh.. klo byk kadar air di paru2?

Buah anggur enak rasanya banyak pula khasiatnya nggak rugi mengkonsumsi meski harganya agak mahal

Selain bisa memabukkan (anggur merah, yang slalu memabukkan diri kuanggap belum seberapaaa.... Dahsyatnya) ternyata punya khasiat menyembuhkan penyakit juga ya, Mbak Wida.
Besok beli Duren ah *lho?

waahh dapat pertamax disini,,,,
salam sapa salam kenal salam bw...

saya suka buah anggur, apalgi yang masih seger ger, benar-benar segar dan enak sekali rasanya. kalau lagi ngedrop, makan buah ini lumayan membantu untuk memulihkan stamina dan kesehatan.

ternyata buah anggur banyak sekali yah manfaatnya

Saya penggemar buah anggur. Cuma, jarang-jarang saya dapat merasainya kerana harga buah anggur agak mahal jika dibandingkan dengan buah-buahan local.

Banyak manfaatnya ya, saya juga suka bikin jusnya, memang enak dan terasa asam tapi tetap berkesan hehe

Kalau misalnya cuma minuman yg rasa anggur efeknya bakal sama ga ya?

Ternyata buah anggur bisa mengurangi sesak nafas juga ya mbak ? saya kira orang yg punya penyakit asma tidak boleh makan buah anggur hehehhe..

Jika saat lelah meminum jus anggur memang benar dapat meredakan sedikit rasa lelah tubuh mbak...

Anggur padahal manfaatnya banyak sekali, mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan, Tapi kenapa orang hamil gak boleh makan anggur ya, seperti kakak saya...

Terima kasih atas informasinya mbak wida sangat bermanfaat. memang yang namanya buah anggur banyak sekali khasiatnya, tapi kok baru tahu kalau anggur bisa berkhasiat untuk penyakit asma, biasanya makan anggur saya kalau lagi ada uang lebih. :)

Selain enak, banyak juga khasiatnya buah anggur ini.

waw ternyat anggur berguna untuk mengobati rasa lelah ya kak, jika tau sejak dulu tentu akan rutin mengkonsumsinya

Top juga ni...termasuk mengurangi rasa lelah ada juga ya....semoga kedepan bisa lebih baik. Anggur tidak memabukan ya malah sebaliknya bermanfaat

salah satu dari buah yang paling saya suka.
tapi baru tau manfaat-manfaatnya

Apakah anggur yg berwarna merah, ungu atau hijau mempunyai manfaat sendiri sendiri mbak? Selain yg diatas....

wah keren yah mbak bsa sembuhin asma juga yah... mksih y mbak jadi nambah pinter sy.. kalo di fermentasi anggur itu memabukkan ya mbak.. kalo mbak wida bikin mabuk gak ya??? hehe pizz

@Dory : Terima kasih sudah menambahkan mas, 5 manfaat itu hanya yang saya ketahui manfaat lainnya belum saya ketahui :)

@Ninik : Iya sama mbak kalau anggur suka di kunyah langsung, nah kalau stroberi enak di jus trs tambahin es makin seger xixixi

@Aldino : Asala jangan terlalu banyak saja makannya!

@Dwi : Jangan rugi-rugi dong kalau untuk kesehatan

@Renggo : Buah duren aku ngga suka :P

@Ilmu : Tuhkan sudah terasa manfaatnya mengkonsumsi buah anggur

@Vina : Iya dong...

@Sylarius : Belinya setengah kilo aja wkwkwk

@Adam : Itulah kelebihan buah anggur :D

@Arif : Iya ngga lah kalau minumannya kan sudah di campur dengan bahan-bahan lain x_x

@Hary : Itulah hebatnya buah anggur (y)

@Awak : Apalagi kalau ditambahin es kan mas? hehehe

@Achmad : Mungkin bisa ada efeknya di dalam kandungannya, mungkin.

@Aditya : Makanya saya kasih tau hehehe

@Udin : Dan sekarang sudah tau kan? :D

@Daniel : Kalau memabukkan itu yang sudah di campur dengan alkohol :P

@JIM : Saya juga suka banget sama buah anggur ini

@Wahyu : Sama aja ko

@Angkisland : Kalau saya mabuk kepayang dan bikin hati mas angki klepek-klepek daaaaah :D

besok saya beli anggur deh wida.kamu mau ga?nanti aku bawa sama pohon-pohonnya :D

wahhh kerennn ternyata buah anggur kaa akan manfaat yah terutama untuk kesehatan :)

hmmm klo anggur mah santap abis pasti hehe

sayang nya buah anggur yang sekarang banyak dijual kulit nya udah dilapisi lilin biar awet :'(

@Hendri : Ga usah sama pohon-pohonnya udah cukup buahnya aja deh.

@Ainnul : Pastinya dong, mari konsumsi anggur

@Rilia : Apalagi kalau ada buahnya :D

@Aul : Iya ul bener, mesti hati-hati juga membelinya x_x

Mba Wida..

Trimaksih loh infonya, jadi semangat koleksi anggur dikulkas nih. :)

Aku sukak anggur. Tapi harganya bikin sesak nafas, Wid. Hahah :D

@Keke : sama-sama mbak :D

@Beby : Iya bener beb, sekilo aja mahal duh x_x

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon