Kamis, 23 April 2015

Faktor Seringnya Tidur Larut Malam

Faktor Seringnya Tidur Larut Malam

Beberapa orang merasa selalu insomnia atau tidak bisa tidur malam hari. Sebagian dari mereka bahkan baru dapat terlelap jelang pagi hari. Terlalu sering tidur larut malam akan mempengaruhi kesehatan serta tubuh Anda. Kebanyakan orang yang telat tidur biasanya bangun dalam keadaan pusing. Itu terjadi karena Anda kurang istirahar. Ada beberapa dampak yang dirasakan bila selalu tidur larut malam, diantaranya sebagai berikut.

1. Daya Tahn Tubuh Melemah
Sering tidur larut malam atau terlalu sering begadang bisa membuat daya tahan tubuh melemah. Begadang akan merusak sel-sel darah putih yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Itu sebabnya orang kurang tidur memiliki daya tahan tubuh yang lemah.

2. Sakit Kepala
Hampir semua orang yang selalu tidur larut malam bangun dalam keadaan pusing. Bahkan beberapa orang menjadi tidak bersemangat. Hal itu karena otak Anda menghadapi ketidakseimbangan yang bisa menyebabkan kerusakan kedepannya bila pola tidur tidak diperbaiki.

3. Berat Badan Bertambah
Bertambahnya berat badan mungkin saja dipengaruhi karena kurangnya jam tidur. Jika Anda tidak tidur minimal 8 jam sehari maka metabolisme dalam tubuh terganggu. Selain itu, belum tidur hingga larut malam membuat Anda ingin mengonsumsi camilan yang berpengaruh terhadap berat badan.

4. Refleks Melemah
Bila Anda merasa sikap refleks alami berkurang itu kemungkinan karena kurang tidur. Jika hal ini berlanjut hingga jangka panjang bisa mempengaruhi sistem saraf pusat termasuk sistem refleks manusia. Maka dari itu, tetap jaga pola tidur Anda demi kesehatan.

5. Darah Tinggi
Kurangnya istirahat malam hari bisa mengakibatkan darah tinggi. Ini juga menjadi penyebab utama seseorang memiliki tekanan darah tinggi yang kronis. Untuk itu, coba biasakan diri tidur teratur atau setidaknya memiliki 8 jam waktu istirahat setiap hari.

6. Serangan Jantung
Orang yang kerap tidur terlalu malam terutama begadang, entah karena faktor pekerjaan atau mengalami isnomnia rentan terhadap penyakit jantung. Kurang tidur menjadi faktor utama meningkatkan jumalah penderita penyakit jantung.

Demikian ulasan tentang faktor seringnya tidur larut malam, dan itulah beberapa efek buruknya kalau kita terlalu sering melakukan tidur terlalu malam. Untuk itu, kita harus bisa menjaga daya tahan tubuh agar selalu sehat dan tidak gampang sakit. Kalau tubuh kita sakit, maka tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik.

20 komentar

wah bener banget itu mbak, saya udah ngerasain banget mempunyai kebiasaanya buruk sering tidur larut malam, salah satu efeknya saya sering merasa sakit kepala, terus badan terasa cepat lelah dittambah berat badan saya juga makin bertambah nie

Bikin obesitas jugak yah. Soalnya entah kenapa kalok begadang sukak laper :(

wah ternyata bisa bikin BB bertambah ya...hiks...takut deh kalo gini buat tidur terlalu malem

tidur larut malam bisa menambah berat badan ya mbak ai? hehe saya kira berat badan bakalan berkurang karena kurang tidur dan sering gadang :D

bener banget mba, faktor kurang tidur mengakibatkan letih ya, tapi ga mau ah jika sampai darah tinggi apalagi serangan jantung..

sering banget tidur larut malam, baca tulisan ini ngeri jadinya, harus kurang2in.

mbak wid...sekarang saya sudah jarang lagi begadang...enakan tidur sore bangun pagi, daripada tidur malam bangun pagi juga...kadang kepala terasa berat dan pusing

Waduh, banyak banget resiko kalau tidur selalu kelewat malam. Mudah-mudahan saya bisa mengurangi kebiasaan ini, mbak...

Nomor 1 sama 2 iya.

Waparah. Yang terakhir itu bikin takut. Hmm, mulai nanti malem langsung tidur cepet berarti.

Ini aku ngebacanya berasa gimana gitu. Soalnya tidur malem, begadang ampe pagi, udah jadi kebutuhan. :( semoga nggak disinggahi penyakit. Tapi ini badan kok beratnya gak nambah-nambah ya?

Tidur larut malam bisa menambah Berat Badan? wah saya kira malah kebalikan... tapi dengan asumsi harus makan cemilan ya,,,

@Marnes : Kalau sudah merasakan salah satu efek tersebut saran jangan melakukan begadang lagi deh mas kalau ngga penting-penting bgt mah hehe

@Beby : Iya itu salah satu efek buruknya :(

@Dwiex'z : Disarankan jangan tidur malem-malem deh mba kalau ga ada gunanya hehe

@Wong : Jangan tidur malem-malem makanya :D

@Defa : Iya karena kalau begadang terus perut juga makan banyak x__x

@Santika : Aku juga ga mau mba, makanya aku ga suka begadang terus :)

@Firman : Semoga dengan adanya artikel ini mas firman jadi ga terlalu sering begadang yah :D

@Ninik : Minimal waktu tidur itu jam 9 malem terus bangun pagi enak tuh di kepala xixi

@Uda : Aamiin

@Yoga : Iya atuh ngapain tidur malem-malem yog :D

@How : Aamiin mudah-mudahan. Jarang makan kali tuh haha

@Achmad : Iya seperti itu

Sering banget kalo abis bergadang capek haaaa

Akan berusaha tidur lebih awal..

Susah rasanya mau tidur lebih awal......

terima kasih banyak infonya mbk, mulai sekarang akan coba tidur tidak larut2. pernyebab tidur malam krn nonton film, atau ngeblog.

yalah..tak best kalau tidur lewat malam..

bisa sampe serangan jantung tah :o

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon