Jumat, 17 April 2015

Hindari Cedera saat Olahraga

Hindari Cedera saat Olahraga
duniafitnes.com

Cedera atau luka adalah sesuatu kerusakan pada struktur atau fungsi tubuh karena suatu paksaan atau tekanan fisik maupun kimiawi. Ada kalanya seseorang mengalami cedera saat berolahraga, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Agar tidak mengalami hal ini, maka ikuti 3 (tiga) tips berikut ini untuk menghindari cedera seperti berikut.

1. Pemanasan Terlebih Dahulu

Cara yang paling efektif untuk menghindari cedera adalah dengan pemanasan. Baik pemula maupun ahli, pemanasan merupakan hal yang wajib dilakukan untuk menghindari cedera saat berolahraga. Pemanasan berguna untuk menyiapkan otot dan membuatnya lebih lentur saat berolahraga nantinya sehingga menghindari otot menjadi tegang. Lakukan 10 hingga 15 menit pemanasan sebelum mulai berolahraga.

Baca juga: [Calcium D untuk Menjaga Ketahan Tulang]

2. Keinginan dari Tubuh Sendiri

Sebelum cedera, biasanya tubuh memberikan sinyal tanda-tanda cedera. Kram, pusing atau rasa sakit merupakan sinyal yang diberikan tubuh untuk memberitahu bahwa tubuh sudah hampir melewati batas kemampuannya. Jangan paksakan tubuh untuk terus berlatih dan kembalilah ke gym saat rasa sakit atau gejala lainnya telah hilang.

Baca juga: [Tips Agar Terhindar dari Sakit Punggung]

3. Melebihi Batas

Anda sudah mengetahui batas kemampuan diri untuk melakukan sebuah angkatan beban atau jarak saat berlari. Namun karena ingin pamer di depan orang lain, Anda berusaha berlatih lebih keras dengan mengangkat beban atau berlari lebih jauh. Latihan yang berlebihan seperti ini sering kali menjadi biang masalah terjadinya cedera. Menjadi lebih kuat dari orang lain bukanlah takaran seseorang lebih sehat. Setiap orang memiliki batas kemampuan yang berbeda-beda.

Demikan sharing pada pagi ini, mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan tentang bagaimana cara menghindari cedera saat melakukan olahraga. Dan informasi ini kami dapatkan sebagian dari wolipop.com. Semoga tips-tips di atas bisa bermanfaat bagi Anda yang suka melakukan olahraga setiap hari.

8 komentar

Tujuan olah raga supaya badan menjadi sehat. Namun jika tidak dilakukan dengan benar akan menimbulkan cedera pada bagian tubuh. Dan, cara menghindari cedera ini patut menjadi perhatian sebelum melakukan olah raga. Nice shar, mbak...

Yang sering kejadian yang nomor 3 karena terlalu semangat dan memaksakan diri akhirnya cedera.

sering kejadian pas lari tanpa pemanasan dulu
kram nya sampe nggak sanggup berdiri :(

pantesan pas kemaren main bola, kaki saya terkilir atau bahasa kerennya mah terkilir, hal itu terjadi rupanya karena tidak memperhatikan hal-hal seperti penjelasan di atas itu...hadeuh nyerinya tuh disini...

Sangat penting ini infonya wida...

untuk olah raga memang sangat dianjurkan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Saya sendiri yang memang jarang olah raga berat berat , rasanya sudah lama melakukan pemanasan dahulu. Naik turun pake tangga saja, Jarang pake Lift atau elevator, Biar badan ini ada gerak sedikit setiaap harinya

kadang saking semangatnya olahraga sampe melebihi batas, dan akhirnya malah cedera. harus tau aturan main.

@Uda Awak : Lakukan pemanasan terlebih dahulu agar bisa menghindari cedera, aku selalu melakukannya hal itu sebelum olahraga. Semoga bermanfaat mas :)

@Dwi : Kalau sudah cedera nanti ga bisa olahraga lagi huhuhu

@Aul : Disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, ul. Sebelum olahraga yang berat-berat :)

@Cilembu : Langsung main aja tuh mang lembu mah jadi akhirnya kaki cedera deh. Kasian :)

@Wahab : Semoga bermanfaat :)

@Asep : SETUJU! Aku juga sama kalau ke tempat kerja naik turun tangga aja tuh karena disini adanya tangga aja ngga ada lift xixixi

@Firman : Kalau sudah tau aturan mainnya olahraga juga enak dan ga akan cedera hehe

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon