Jumat, 17 April 2015

Test Kesehatan Yang Wajib untuk Wanita

Test Kesehatan Yang Wajib untuk Wanita
sehatindonesia.com

Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Pemeliharan kesehatan adalah upaya penaggulangan dan pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan dan perawatan termasuk kehamilan dan persalinan.

Untuk itu, sangat penting melakukan beberapa test kesehatan. Apa saja yang perlu diperiksa? Berikut adalah jenis-jenis test kesehatan yang wajib di lakukan bagi wanita, diantaranya sebagai berikut.

1. Pemeriksaan Klinis Payudara
Pemeriksaan yang dilakukan dokter untuk mengetahui adalnya perubahan atau kelainan pada payudara. Setiap wanita wajib menjalani pemeriksaan ini, bagi wanita usia 20-39 tahun sebaiknya menjalani pemeriksaan klinis payudara minimal 3 tahun sekali. Sedangkan bagi wanita berusia 40 tahun keatas, pemeriksaan klinis payudara harus dilakukan setidaknya sekali dalam 1 tahun.

2. Pemeriksaan Kadar Kolesterol
Untuk mencegah penyakit jantung dan penyakit kronos lainnya, sangatlah penting bagi wanita untuk melakukan pemeriksaan kadar kolesterol. Pemeriksaan kadar kolesterol dimulai sejak usia 20an sebaiknya dilakukan 5 tahun sekali. Pemeriksaan kadar kolesterol dapat dilakukan secara sederhana yaitu dengan test darah. Tingkat ideal adalah 200mg / dL (miligram per desiliter).

3. Pemeriksaan Tekanan Darah
Pemeriksaan tekanan darah dimulai sejak usia 18 tahun dan wajib dilakukan setidaknya 2 tahun sekali. Tekanan darah tinggi sering disebut 'silent killer' jika jarang diperiksa maka dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Anda dapat memerikasa tekanan darah di rumah karena sudah banyak yang menjual mesin pengukur tekanan darah.

4. Pemeriksaan Gula Darah
Wanita wajib melakukan pemeriskaan gula darah setiap 3 tahun sekali dan dimulai sejak usia 45 tahun. Bagi yang mempunyai gejala diabetes diwajibkan melakukan pemeriksaan sebelum menginjak 45 tahun. Jika hasilnya 100 mg/dL atau lebih maka bisa dinyatakan Anda terkena diabetes atau gejala diabetes.

5. Pemeriksaan Masa Tubuh
Sebuah ukuran berat terhadap tinggi badan, nilai masa tubuh mengindikasikan apakah tubuh Anda termasuk dalam kategori kurang berat badan, normal, berat berlebih atau obesitas. Seperti diketahui, berat badan berlebih dan obesitas membuat Anda rentan terkena penyakit jantung diabetes bahkan stroke.

6. Pemeriksaan Kesehatan Kulit
Kanker kulit adalah penyakit yang paling sering terjadi di antara penyakit kanker lainnya. Untuk menghindari hal tersebut, jangan lupa memeriksakan diri Anda ke dokter kulit setidaknya setahun sekali atau pada saat Anda menemui kejanggalan yang terjadi pada kulit.

7. Pemeriksaan Pada Rahim
Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendeteksi kanker serviks (kanker pada leher rahim). Test pap smear dilakukan setelah 3 tahun aktif berhubungan seksual atau pada usia 21 tahun. Bagi wanita yang mempunyai anggota keluarga yang terkena penyakit kanker rahim harus mengikut saran dokter mengenai pemeriksaan selanjutnya.

8. Pemeriksaan Kekuatan Tulang
Osteoporosis adalah kondisi dimana tulang menjadi lemah dan gampang pecah. Hal itu disebabkan karena pengeroposan tulang yang terjadi pada wanita setelah menopause. Pemeriksaan tulang dilakukan menggunakan sinar X yang mampu mengukur mineral pada tulang dan mendeteksi osteoporosis. Sehingga gejala kerusakan tulang bisa diatasi sedari dini. Test ini direkomendasikan bagi yang berusia 60 tahun keatas.

9. Pemeriksaan Kebersihan Gigi
Menjaga kebersihan gigi dari bakteri membuat senyum Anda terlihat lebih menarik dan dapat mencegah terkena penyakit jantung. Bakteri di dalam gusi dan gigi dapat meningkatkan penumpukan flek yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Rajin menyikat gigi dan ke dokter gigi dapat membantu memastikan adanya gejala kanker mulut dan tenggorokan.

Maka dari itu, marilah kita sebagai wanita harus bisa menjaga kesehatan badan kita sendiri. Karena badan sehat itu mahal. Selagi kita masih mampu melakukan pemeriksaan kesehatan diatas kenapa tidak melakukannya dari sekarang. Jagalah tubuhmu dari yang namanya penyakit, karena penyakit akan menjadi musuhmu nanti apabila kita tidak memperhatikan kesehatan dalam tubuh.

18 komentar

kalo diperiksa dengan bidak mungkin tidak masalah, kalo dengan dokter laki-laki gmna?hehe

Semua wanita wajib baca ini artikel...

aku belum pernah ngejalanin semua pemeriksaan ini Wid, aku takut kl diperiksa gitu. Takutnya malah tau kl ada penyakit apa2 :(

Nah saya juga perlu melakukan tes yang seperti diatas ... kecuali Pemeriksaan Pada Rahim, Pemeriksaan Klinis Payudara ... khan saya gak punya yang ini hehehe

keculi poin 1 dan poin tujuh pemeriksaan kesehatan wajib ini juga seperti layak di lakukan oleh kaum pria sejati seperti saya deh neng...bener ngga, coba?

terima kasih telah berbagi info.....
artikelnya sangat bermamfaat.....
salam kenal san salam sukses..

Banyak banget ya yang harus di test kesehatan buat cewek ._. beraaat banget pasti jadi cewek :'

@Hendri : Iya gpp, asal niatnya meriksa aja :P

@Wahab : Pastinya :)

@Kenanga : Lah ko takut, kan kalau misalkan tau ada penyakit bisa disembuhkan hehe

@Yono : Iya lah kan mang yono cowok sejati :D

@Ayu : Iya sama-sama, semoga bermanfaat ya. Aamiin :)

@Febri : Kan demi menjaga kesehatan juga :)

Test kesehatan ini sangatlah perlu diketahui bagi setiap wanita ya mbak :) . .

Pemeriksaan semacam ini penting banget ya, Mbak :)

nomor 2,3,6,8,9 kayaknya juga harus dilakukan oleh laki-laki ya...
sama pentingnya :)

nice info

wah, harus cepat-cepat saya kasih tahu Istri ni, biar dia sehat selalu :D

aih akumah malu periksa poin satu hihi..

Diabetest?! Jangan sampai deh! Segera lakukan pemeriksaan. Di bingkis.co.id lagi ada diskon pemeriksaan gejala diabetes dari Biotest

@Hary : HARUS!

@Akhmad : Sangat penting :)

@Aul : Iya ul. Intinya mau cewek atau cowok harus bisa menjaga kesehatan 9y)

@Ibrahim : Ayo sekarang mulai kasih tau..

@Santika : Pilih dokternya yang sama wanita juga teh :D

@Ren : Wah.. enak ada gratisan :D

Pap smear jugak perlu, tapi bagi yang uda bersuami :D

makasih bos tentang infonya dan salam sukses

terimakasih gan tentang infonya dan salam sukses

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon