Jumat, 08 Mei 2015

5 Hal Yang Dapat Menyebabkan Tidur Tidak Nyenyak

5 Hal Yang Dapat Menyebabkan Tidur Tidak Nyenyak

Tidur bukan saja karena kelelahan tetapi juga karena kebiasaan dan pola hidup. Kekurangan tidur biasanya disebabkan karena begadang ataupun karena insomnia. Mendapatkan tidur yang berkualitas tentu didambakan oleh setiap orang. Namun, masalahnya untuk bisa tidur lelap dan nyenyak terkadang sulit mendapatkannya. Bisa jadi, sulit tidur karena melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Olahraga
Olahraga sebenarnya adalah aktivitas yang penting bagi kesehatan dan sebenarnya dapat memberikan kontribusi untuk mendapatkan kulitas tidur yang lebih baik. Tapi masalahnya, olahraga 3 jan sebelum tidur dapat meningkatkan suhub tubuh dan membuat badan menjadi berkeringat sehingga dapat membuat mata sulit untuk tidur. Baiknya, lakukan kegiatan tersebut di pagi hari.

Baca juga : [Keuntungan Melakukan Olahraga di Pagi Hari]

2. Terlalu sering Menonton TV atau Komputer
Paparan radiasi sinae televisi atau internet dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk tidur. Cahaya dari layar tv atau komputer dapat menghambat perkembangan melation, hormon yang membuat rasa ingin tidur. Sebaiknya, matikan televisi dan komputer satu jam sebelum tidur.

3. Mandi dengan Air Panas
Seperti halnya olahraga, mandi dengan air panas akan membantu cepat tertidur di waktu yang tepat tidak ketika akan tidur. Jika ingin mandi dengan air panas atur suhu air agar tidak terlalu panas. Air yang selalu panas akan membuat kulit berkeringat dan akhirnya susah tidur. Sebelum tidur, pastikan tubuh kita sudah kembalu ke suhu semula.

4. Bekerja
Apapun pekerjaannya, sebaiknya selesaikan tugas-tugas kantor keesokan harinya. Tubuh juga membutuhkan waktu yang cukup untuk beristirahat. Otak yang terus-menerus berkonsentrasi untuk menyelesaikan pekerjaan hingga tengah malam dapat merangsang otak untuk terus bekerja dan dapat menimbulkan stress. Hal tersebut tentu saja dapat merusak kualitas tidur.

Baca juga : [Tips untuk Meringankan Kelelahan dan Meningkatkan Stamina]

5. Seringnya Membaca Buku
Bagi Anda yang suka sekali membaca buku pada malam hari, waspadalah. Membaca sebuah buku dengan cerita yang mengasyikan adalah salah satu faktor yang dapat membuat tidur Anda menjadi tidak berkualitas. Anda akan terus membuka halaman-halamannya dan baru menyadari kalau ternyata sudah pagi dan cobalah untuk segera menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Baca juga : [Kenali Penyebab Tubuh Mudah Lelah]

Apakah kita masih ingin meneruskan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kualitas tidur kita terganggu? Tentunya, tidak ingin bukan. Untuk itulah kita harus lebih pandai-pandai membagi waktu antara waktu untuk kegiatan bekerja, kuliah, atau kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat menyebabkan mata menjadi semakin lelah.

39 komentar

Aku termasuk yang biasa main komputer dan nonton tv , dan malah insomnia :(

Kalau perut kosong, termasuk penyebab susah tidur gak?

Kepikiran sama masalah juga lho mbak.... Hahaha

haduh mbak kalo tidur gak nyenyak efeknya mesti kepala pusing sepanjang hari....

salam kenal mb Wida.. abis baca ini, saya akan perbaiki diri ah spy tidur lbh berkualitas dg mengistirahatkan kerja otot mata yaitu tidak melototin gadget menjelang waktu tidur ... gitu berpengaruh juga kali ya mba ...? nice post ..!

sebenarnya membaca buku malah membuat otak tetap aktif, jadi harusnya membuat tidur lebih berkualitas, kalau menurut saya

satu lagi : handphone

aku pernah chatting gak sadar udah jam 3 dini hari hahaha

Karate termasuk olahraga kan?

Mikirin yayang jg...kali ya

wah untung saya sudah muali berkurang ni mbak hehe

Pasti matanya udah sepet deh kalau malem-malem :D

Itu sebabnya karena 'LAPAR'

Kalau gitu masalahnya jangan dipikirin :P

Iya sebisa mungkin istirahatnya cukup mba :)

Salam kenal kembali dan selamat datang di widaku.com
sebaiknya kalau menjelang tidur semua elektonik disimpan dan di matikan saja mba :)

Pendapat orang-orang berbeda-beda yaa..

Aduh.. chatting sama orang tersayang mah pasti bakal lupa waktu :D

Ah lebay itu kerjaan mas wahab aja :P

suasana ruang tidur disarankan untuk gelap dan tenang agar tidur bisa nyenyak

wah kalo saya sering liat komputer seharian mbak, makasih infonya...

Tapi kan tidak semua orang suka tidur dengan suasan gelap

Saya juga sama, oke sama-sama :)

nomor dua saya banget itu ...hehehe

Kalau saya penyebab tidur tidak nyenyak karena yang poin dua mbak, mau coba ngatasin tapi sulit. terima kasih infonya mbak :)

wih, poin nomor 5, suram juga jadinya.
padahal suka baca buku sebelum tidur

Gara-gara siap siaga jagain bayi. Sumpah, ini jadi susah tidur nyenyak.

kalo aku dengan ke lima alasan itu justru jadi tidur nyenyak Wid :D

Biasanya aku kalau ngatasin berusaha untuk tidak memandangi t]layar tv dan komputer lagi kalau malam hari :D

Itu mah jadi resiko seorang ortu baru xixixi

Saking lelah matanya jadi cepet ngantuk ya mba keke :D

Kalau aku umumnya nomor dua dan lima.

Eng...

sebenernya chatting sm temen biasa kok hehe

untuk mengakalinya bisa pakai lampu tidur mba biar gak gelap" banget

Yah kalau mau tidur di udahin aja dulu kebiasaan itu mas :)

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon