Jumat, 15 Mei 2015

Bagaimana Menghilangkan Bau Mulut?

Bagaimana Menghilangkan Bau Mulut?

Bau pada mulut sangatlah tidak percaya diri tentunya ketika saat berbicara dengan orang lain. Pernahkah Anda mengalaminya? Dan apakah Anda kurang percaya diri ketika bau mulut? Jadi gaya berbicara pun mulai tidak nyaman bukan. Banyak orang khawatir karena mempunyai nafas yang tidak segar. Dan hal tersebut bukan saja dialami oleh Anda sendiri.

Namun jangan khawatir, kalau bau mulut itu harus diatasi bukanya di biarkan saja tentunya ia, hehe. Ada beberapa langkah tips untuk menghilangkan masalah bau mulut sehingga Anda dapat percaya diri lagi ketika berbicara dengan orang lain. Apa sajakah langkah tips itu, yuk mulai menjelaskan langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Rajinlah untuk Menggosok Gigi
Kalau tidak rajin menggosok gigi pasti tidak akan jauh aroma mulut kita akan menjadi bau. Ingin aroma mulut Anda wangi tapi masih saja malas untuk rajin menggosok gigi, haduh. Tentunya langkah yang pertama ini sangatlah mudah untuk kita praktekan. Cobalah untuk menggosok gigi 2x sehari pagi dan malam agar sisa makanan yang menempel pada gigi akan bersih setelah menggosok gigi.

2. Berkumur dengan Obat Anti Bakteri
Setelah menggosok gigi ada baiknya kita melakukan berkumur kembali dengan obat kumur anti bakteri. Supaya mulut kita akan beraroma segar ketika berbicara dan tidak hanya itu saja. Obat kumur akan melindungi ekstra dan mengurangi plak tempat bersarangnya kuman pada mulut.

Kalau belum terbiasa dengan obat kumur anti bakteri, Anda boleh menggantinya dengan air putih. Lakukan juga langkah ini setelah selesai menggosok gigi, hal ini akan membantu menghilangkan sisa makanan yang melekat pada sela-sela gigi.

3. Hindari Makanan Yang Akan Membuat Bau Mulut
Makanan apa saja sih yang akan membuat mulut kita menjadi bau? Ada beberapa makanan yang dapat membuat aroma mulut kita menjadi bau, yaitu pete, jengkol, bawang merah, bawang putih. Dengan melakukan sikat gigi pun rasanya tidak cukup untuk menghilangkan aroma tak sedapnya. Mungkin dengan beberapa hari bau mulut dari aroma makanan dan bumbu dapur tersebut akan hilang dengan sendirinya.

4. Membersihkan Lidah
Bau mulut juga akan disebabkan oleh lidah yang ditumbuhi dengan bakteri. Untuk menghilangkannya, bersihkan lidah dengan cara menggosok secara perlahan agar tidak melukai area gigi Anda.

5. Setelah Makan Malam Cobalah untuk Mengunyah Permen Karet
Permen manis bisa mempercepat pertumbuhan bakteri dalam mulut sehingga menyebabkan bau tidak sedap. Cobalah ganti kebiasaan memakan permen dengan mengunyah permen karet setelah selesai makan. Permen karet bisa merangsang air liur yang mempertahankan mekanisme dalam mulut agar tidak merusak gigi serta tidak berbau. Tapi kalau terlalu sering mengunyah makanan yang manis-manis akan membuat gigi menjadi rusak juga, agar menghindarinya makanlah dengan tidak setiap hari ya, hehe.

6. Stop untuk Merokok
Jika Anda mengalami masalah dengan bau nafas, kebiasan buruk bisa menjadi penyebabnya. Merokok merupakan pola hidup yang berdampak pada bau mulut. Rokok dapat merusak gusi, serta meninggalkan noda pada gigi. Sehingga meningkatkan risiko kanker mulut. Untuk berhenti merokok, Anda bisa konsultasi dengan dokter serta membuat program berhenti mengisap rokok.

Itulah 6 langkah mudah yang saya ketahui bagaimana caranya menghilangkan bau mulut. Sudahkah Anda melakukan langkah-langkah tersebut? Dan apakah Anda masih tidak percaya diri dengan bau mulut? Kalau tidak percaya diri dengan bau mulut, yuk lakukan langkah mudah yang sudah saya sebutkan diatas. Semoga bermanfaat dan berhasil :)

39 komentar

bisa dicoba nich tipsnya, makasih ya

Terima kasih buat tipsnya mbak, ini sangat berguna sekali. soalnya bau mulut itu menjadi penyebab utama kita jadi tidak percaya diri :)

Sama-sama.. semoga bermanfaat :)

Kalau ga percaya diri akan susah untuk melakukan segalanya hehehe #SokTahu

Paling enak makan permen karet mulut bebas bau sambil olahraga mulut

keren tipsnya, biasanya klo lagi bau bulut ngga pede klo mau bicara sama orang dan banyak diamnya aja sih, tiu sangat menggangu

Info bagus nich..apalagi udah mau deket bulan puasa

tipsnya sgt berguna, bagus utk diterapkan.

saya juga sering gigit2 siwak, selain utk membersihkan gigi n mulut, juga kandungan zat2nya menimbulkan rasa segar spt mint, ada pedas2nya, juga berpahala menjalankan sunnah rasul.

saya follow blog-nya ya mba Wida, terimakasih.

Makasih tipsnya, sangat bermanfaat. Kalau saya biasa menggosok gigi dan menggosok lidah setiap bangun tidur, terus kumur pake Listerine deh, gak apa-apa kan kayak gitu bu dokter???

kalo gue biasanya sikat gigi sama banyakin minum air putih hehe

Wah no 4 kadang lupa aku lakukan. Thanks for remind me ;))

Nah ini baru tipsnya mbk wida yang oke banget... Oke buat tips nanti bulan pas puasa :)

Bulan puasa biasanya banyak yang bau mulut. Dan ini sudah hampir puasa..

Semoga bermanfaat bagi mas aab :D

Siwak itu sangat bermanfaat banget yaa mba.. oh iya makasih mba :)

No what-what mas hendra :D hihihi.. hmm aku bukan dokter ko :)

Dan 1 bulan lagi menuju puasa :')

Makan buah juga ampuh ngilangin bau mulut
Tapi selain durian ya..
wkwkwk itu malah bkin tambah bau

anu, kalo mau bersihin lidah pake apa?

ngilangin bau petai, makan jengkol :)

paling males kalo ngobrol, lawan ngobrolnya bau mulut

Hmm kalau durian ga suka tuh :D

Cobain pake siwak aja neng

Hahaha yang ada mas wong jadi pingsan yaa :D

Syukurnya aku gak suka petai jengkol. Tapi suka malas gosok gigi..
Makasih tipsnya..

berkumur pakai rebusan daun sirih juga bisa lho mbak :)

Yap. Termasuk ngurangin makanan yang bawang-bawangan ya..

Kirain rebusan air sirih hanya untuk organ intim aja mba :)

Mbak wida ada ga sih, obat atau salep untuk hilangin lidah putih supaya nafas segar.

Untuk saat ini saya belum nyediain produk yang seperti itu.

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon