Senin, 07 September 2015

Bukan Hanya Kulit tapi Rambut Juga Bisa Terjadi Penuaan Dini

Bukan Hanya Kulit tapi Rambut Juga Bisa Terjadi Penuaan Dini

Bukan hanya pada kulit saja yang bisa mengalami penuaan dini, tetapi pada rambut juga bisa terjadi adanya penuaan dini. Rambut yang mengalami penuaan dini bisa dilihat dari penampakan kondisi rambut. Penuaan dini terjadi karena pigmen melanin pada rambut berkurang. Pigmen rambut berkurang disebabkan karena kutikula pada rambut terbuka.

Ketika kutikula terbuka, maka rambut memicu penuaan. Rambut mulai kearah uban menipis, kering, pertumbuhannya lambat, warnanya juga terlihat kemerahan dan tampak gersang. Faktor-faktor yang membuat rambut dalam keadaan tersebut adalah bisa terjadi karena faktor dari luar. Misalnya, rambut terlalu sering terpapar sinar matahari, polusi, paparan bahan kimia seperti, cat rambut, hairspray dan produk keras lainnya. Atau terlalu sering menggunakan alat pemanas rambut seperti hair dryer atau catokan.

Untuk itu sangat penting menjaga rambut tetap sehat dan membuat kutikula tertutup agar paparan atau zat-zat berbahaya tidak masuk ke dalam rambut. Menjaga kesehatan rambut tidak cukup hanya menggunakan shampo saja. Rambut juga perlu dirawat dengan shampo dan rajin melakukan masker rambut untuk memberikan nutrisi ekstra.

Jangan sampai rambut mencapai kondisi terparahnya seperti timbuh uban, padahal usia masih muda. Uban terjadi bukan karena faktor genetik saja, tapi juga karena faktor-faktor luar yang sudah disebutkan diatas tadi. Kalau sudah terjadi uban, sudah tidak bisa diperbaiki lagi, kecuali dengan cara mewarnai rambut dengan cat rambut.

Demikian informasi ini yang dapat disampaikan semoga ini bisa jadi berita baru atau bermanfaat bagi Anda setelah membacanya.

Salam,

Owner Widaku.com

Sumber dari wolipop.com

33 komentar

kalau saya rambutnya nggak pernah dapat sinar matahari mbak, moga aja tidak cepet tua rambutnya, mukaku kan masih muda ahee, o ya dan rambutku tergolong pertumbuhannya lama*menurutku sih* hehe

Waktu aku sering pakai minyak rambut/gel, rambutku jadi ada ubannya... :(

Wah... baru tahu kalau rambut juga bisa mengalami penuaan dini.

terima kasih tipsnya
wah kalau sudah tumbuh uban gak bisa dihitamkan lagi ya..

Terima kasih tipsnya..
Moga rambutku kekal sihat..

Nggak pernah, apa mba setiap hari pakai hijab ya?

Iya sih rata-rata kalau yang nggak cocok pakai gel rambut suka sering muncul uban..

Bisa, pakai cat rambut saja

rambut jadi beruban bukan pada waktunya~ itu yah maksudnya~
tapi klo rambut udah tua, apa akarnya yang udah ketuaan?
kan kalo dicabut satu aja uban, gaktumbuh jadi hitem lagi.

wah kayanya aku perlu nutrisi nih rambutnya, takut terkena penuaan

rambutku sepertinya butuh ini nih...

saya selalu gundul, jadi kurang tau bentuk rambutnya :)

kalo udah tumbuh uban,,, kira kira bisa gak yah tumbuh rambut hitam lagi secara normal?

Kalo misal tumbuh uban terus dicabut ada resikonya nggak? Banyak tuh yang biasa cabut uban.

Jawabannya ada di artikel ini ya..

Model rambut kali ya mas kalau bentuk semua sama hahaha

Jawabannya ada di artikel ini ya..

Setahu saya tidak, contohnya ibu saya yang sudah lansia sering di cabutin ubannya tidak ada resiko atau efek apa-apa

wah rambut saya sudah mulai ada ubannya nih mbak, tapi saya melihat disekita saya, ada banyak anak-anak muda yang usianya dibawah saya tapi rambutnya sudah banyak beruban

Tapi yang namanya uban, walaupun sudah dicabut semua, tetap tumbuh yang baru ya mbak.

Iya kan masih ada proses pertumbuhan

Mungkin salah satu faktornya ada di dalam artikel ini mas :)

mungkin dikarenakan faktor keturunan atau genetik,karena ayah saya seajk usia 30 katanya sudah mulai beruban

Hmm mas poniran juga perlu waspada nih :)

Saya seorang Drafter mechanical, aktifitas sehari keworkshop ngecek pekerjaan yg dikerjakan orang2 fabrikasi.

Masalah yg sering saya alamai, setiap pulang kerja Istri selalu bilang rambut apek..Mungkin dikarenakan bekas bauk asap dari mesin las dan gerinda.
padahal saat mandi pagi dan sore saya selalu sampoan. kira2 gmnakah solusinya ya mbak ?

Salam,
Download Inject SSH Terbaru

Halo.. salam kenal ya :)

Usahakan kalau memakai shampo setelahnya pakai conditioner atau 2 minggu sekali dateng ke salon untuk creambath. Semoga ini bisa membantu ya :)

Nice artikel mbak,
Saya izin follow blog nya ya. Salam kenal

jadi bukan karena warna nya jadi putih ya?
wkwk

Saya walau masih muda usia tapi rambut sudah rontok ya kayak kebanyakan aktor hollywood seperti Jason Statham hehehehehehehe... Ini bisa masuk rambut ke penuaan dini ya Mbak? :)

Baru tau aku tentang hal ini, klo lepek itu termasuk ga yaaa

entah karena keturunan atau enggak ya... kebanyak anggota keluargaku ubanan di usia muda. hemm

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon