Senin, 12 Oktober 2015

Ungkap 5 Mitos Takut Gagal Diet Karena Makan Nasi


Nasi dimakan oleh sebagian besar penduduk Asia sebagai sumber karbohidrat utama dalam menu sehari-hari. Nasi sebagai makanan pokok biasanya dihidangkan bersama lauk sebagai pelengkap rasa dan juga melengkapi kebutuhan gizi seseorang. Nasi merupakan salah satu makanan yang dianggap bisa menaikkan berat badan. Banyak studi menunjukkan bahwa nasi memiliki tinggi karbohidrat dan tepung. Beberapa peneliti pun mengatakan nasi adalah pilihan makanan bergizi yang menyehatkan dan tidak mengakibatkan kenaikan berat badan.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mempertimbangkan nasi untuk menjadi makanan utama sehari-hari. Seperti yang dikutip dari idiva, wolipop.com ini dia 5 mitos tentang makan nasi yang perlu Anda ketahui :

1. Nasi Mengandung Kadar Garam yang Tinggi
Faktanya nasi tidak memiliki kadar garam sama sekali. Orang yang makan nasi umumnya merupakan orang-orang yang memperhatikan asupan garam dalam tubuhnya. Maka dari itu, jangan takut banyak mengkonsumsi nasi hanya karena tidak mau asupan garam dalam tubuh menjadi berlebihan.

2. Nasi Tidak Mengandung Protein
Sebagian orang menganggap bahwa nasi tidak mengandung protein. Namun faktanya, nutrisi kedua dalam nasi yang paling banyak selain kabrohidrat adalah protein. Protein nasi dipercaya memiliki kualitas tertinggi dibandingkan biji-bijian lainnya.

3. Nasi Mengandung Gluten atau Zat Perekat
Banyak orang menganggap nasi lengket karena mengandung gluten. Gluten adalah protein lengket dan elastis yang terkandung dalam beberapa jenis sereal, terutama gandum dan makanan bertepung lainnya. Pada beberapa orang, gluten bisa menyebabkan alergi. Kenyataannya nasi bebas gluten serta termasuk makanan yang tidak membuat alergi dari semua jenis biji-bijian.

4. Makan Nasi Malam Hari Buat Tubuh Gemuk
Sebagian wanita yang diet penurunan berat badan tidak mau mengkonsumsi makanan berat pada malam hari. Mereka juga cenderung menjauhi nasi. Ternyata, makanan yang berkarbohidrat dicerna untuk membentuk glukosa seperti beras atau gandum sebaiknya di makan malam hari. Hal ini karena untuk mencerna karbohidrat kompleks membutuhkan waktu dua jam. Glukosa yang menyerap dalam darah lebih mudah diubah menjadi energi. Bila dimakan pada siang hari, glukosa malah akan mengubahnya menjadi lemak.

5. Nasi Bisa Membuat Tubuh Gemuk
Umumnya wanita menjauhi nasi karena tidak ingin gemuk. Mereka lebih memilih makan buah-buahan dan sayuran tanpa nasi dibandingkan banyak mengkonsumsinya. Ternyata, nasi bebas lemak dan kolesterol. Nasi menjadi sumber energi Anda karena mengandung karbohidrat. Karbohidrat membantu tubuh menjalankan fungsinya dengan baik. Anda disarankan memilih beras basmati untuk dikonsumsi karena rendah lemak.

57 komentar

Aku baru tau kalo makan nasi itu bisa bikin gemuk, mungkin dia makan nasinya kebanyakan. Sesuatu yang berlebih kan gak baik :)

sebagian orang diet itu terkadang malah menyiksa diri ya mba? :0

hahaha iya...dulu aku pengen kurus aja dibela belain nggak makan nasi loh...tapi tetep makan walau hanya sesuap :)

kalau gak berlebihan pasti gak bikin gemuk mba

waktu gw diet (dan gw nyesel), gw cuma makan nasi sekali sehari.
hasilnya kurus? enggak.
badan gw lemes :"(

Untung gue cowok... gue kalau makan jam 12 malam biasanya, mampir ke burjoan hahaha

jadi selama ini cuman mitos yes?

Ane makan nasi sebelum tidut terus tapi enggak gemuk gemuk ya mbak ?? :-/

Emang ia mbak, lebih baik enggak usa diet, mau makan nasi enggak makan nasi tetap gemuk juga... asalkan jangan obesitas yang penting seksi..wkwkwk

Tenang aja,,,kan masih ada beras merah,,,

saya sering menghindari makan nasi saat malam karena takut gemuk, eh ternyata..............

kalo saya mah yang penting kenyang, diet itu menyiksa hahahaha

Jadi nasi sebagai penyebab gemuk itu mitos ya mbak? Sebelumnya saya juga yakin kok mbak bahwa nasi itu memang tidak menambah berat badan alias gemuk, malahan akan menambah energi bagi tubuh kita. Tapi jangan terlalu banyak mengkonsumsi nasi, karena nasi banyak mengandung gula yang bisa menyebabkan diabetes :)

Hmm ketahuan baca judulnya doang nih :D

Nggak juga, saya suka diet tapi nggak menyiksa. Yang dietnya menyiksa itu tipe diet yang maksa dan terobsesi banget pengen langsing.

Jangan nyiksa badan gitu mbak kasian lho nanti cacingnya pada demo hihi

Makan nasinya seperti biasa aja makan pada umumnya sehari 3x cuma porsinya di kurangin aja. Aku sih gitu hehe

Emang kalau misalkan kamu cewek bakalan gimana gitu? Mau diet juga? Hmmm

Kalau aku sih program diet jalan, makan nasi juga jalan tapi tiap makan porsinya dikit aja hehe

Konsumsi nasi sewajarnya saja dalam tahap normal nggak akan membuat terkena penyakit gula atau badan kekenyangan.

Setuju dengan mbak Wida Zee :)

Padahal setiap malam sebelum tidur di usahakan untuk makan nasi buat bikin gemuk, nyatanya ngga bisa ya, jadi selama ini hanya sia-sia... harus makan nasinya siang hari...

Mau bikin tubuh gemuk atau tubuh berisi nih? hihih

aku baru tau loh mbak kalo makan nasi itu bagus malam hari, dulu malah kalo bisa jangan makan nasi setelah jam 6, tapi masih sering dilanggar, eh ternyata malah bagus

klo gluten itu turunannya gula bukan mb wida?

wah jadi pengen makan nasi mbak hehe... disuapin boleh tak?? keplaxxx hehe

Aku makan nasi cuma dua kali sehari, itu pun dikiiit. Karena nggak bisa makan banyak, udah tua perkakas tubuhku :D

ngomong ngomong soal diet yah aku tuh langganannya diet gagal deh,,nih misalkan paginya udah diet bener eh terus gagal di malam harinya gegara ngeliat nasi :(

nasinya putih dan sangat lezat mbak :)

oya mbak tu poin 4. Makan Nasi Malam Hari Buat Tubuh Gemuk, saya tiap malam sebelum tidur selalu makan nasi, tp badan sy sama aja mbak :) padahal sy ingin nakin dikit lagi badannya biar gap, karena sya orangnya tinggi mbak :)

Baru tahu juga tentang makan nasi di malam hari itu malah lebih bagus daripada menikmatinya di siang hari, makasih infonya mbak :)

Aku juga makan di malam hari kalau lagi bener2 laper aja sih tapi ga membuat badan jadi gendut hehe

Konsumsi hi green aja neng :D

Ini bahasnya ungkap mitos ko mas bukan faktanya :)

Lah, baru tau gue kalo nasi mengandung garam. :/
Gue taunya cuma mengandung glukosa. "Ada manis-manisnya gitu," kata cewek di iklan La Minerale.

Gue nggak takut sama mitos. Kalaupun iya bikin gemuk, gue tetep kurus. :(

Jadinya..boleh ya makan nasi untuk hidangan malam ini :)

nasi kan memang gak mengandung lemak (kayaknya) jadi gag bikin gendut

hahaha, pantesan e mbak, saya ga gemuk gemuk :)

wah, kok bisa berbeda gitu ya sama yang sering kita dengar. rata-rata kebalikannya.

Yog, kamu baca judul itemnya aja iya. Ini kan mitos memang iya nasi nggak mengandung garam sama sekali. Hmm ketauan gak baca secara detail nih huft -___-

saya juga suka makan nasi goreng malam hari..jam 11 an..

dan mulai sekarang , kalau ada yang bilang:
"makan nasi goreng malem malem ntar tambah gendut loh"

akan saya jawab:
"baca ini:"http://www.widaku.com/2015/10/5-mitos-takut-gemuk-dengan-makan-nasi.html"


hehehehehehe

Tosss dulu..
Saya juga sama kalau lagi laper banget banget pake banget suka makan nasi tenga =h malem hihi dan terbukti cuma mitos aja nggak bikin perut buncit atau badan gemuk.

pernah nyobain ngga makan nasi 1 bulan dan akhirnya bisa turun berat badan hingga 5 kilogram lho :)

Belom pernah, nggak makan nasi sehari aja udah bisa turun 1 kg badan ku hehe

Gemuk ga apa-apa yang penting sehat ya....
Kalau saya makan ya harus dengan nasi yang cukup karena perlu energi untuk kerja hanya saja lauknya yang saya kurangi dari jenis daging dan lemak, saya lebih memilih lebih banyak sayuran. Maklum sudah berumur mulai kolesterol tinggi

Kalau sudah menginjak 40 harus menjaga pola makan nanti bisa berabe kalau kadar kolesterolnya naik (y)

ganti selain nasi aja biar aman . .

Kalu mau bikin gemuk gimana Wid hehhee..
aku doyan makan nasi tapi yah nggak gemuk2 loh :(

waduh, ternyata nasi juga bisa bikin gemuk ya mbak,
kirain cuman cemilan aja..

saya sering makan nasi dimalam hari mbak, dan saya baru tau ternyata tidak akan menyebabkan gemuk ya mbak, untung aja..

Minum suplemen yang dapat menaikkan berat badan aja mba :)

Jadi beruntunglah kalau ada yang ingin diet makan nasi tidak terlalu membuat naik berat badan :)

kok tahu mas ky, ngintips ya atuh :) wkwkwkwkw

kalo saya gemuk kali juga ndak suka, pas dan ideal sesua postur karena saya mah orangnya tinggi, :)

ada lagi ni mbak kawan saya, gara-gara diet makan nasi, eee yang datang malah asam lambung heehe

Kalau udah terkena asam lambung konsumsi suplemen Alfalfa aja mas :)

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon