Sabtu, 28 Mei 2016

Tradisi Munggahan untuk Menyambut Ramadhan #SabtuNgopi

Tradisi Munggahan untuk Menyambut Ramadhan #SabtuNgopi

Bulan ramadhan sudah di depan mata dan tinggal menghitung hari. Waktu tidak terasa memang, perasaan baru saja kemarin kita semua baru menyambut lebaran hari yang penuh kesucian dan keberkahan, eh.. sekarang sudah mau masuk bulan ramadhan lagi. Menurut agama dan menurut para ahli agama, apabila ada umat muslim yang menyambut datangnya bulan ramadhan akan mendapatkan pahala dan mendapatkan berkah dari Alloh SWT. Amin.

Nah, ngomong-ngomong soal bulan ramadhan biasanya warga Indonesia khususnya umat muslim ada namanya 'tradisi munggahan'. Kenduri atau selamatan atau juga yang sering disebut munggahan menurut KBBI berarti penjamuan makan untuk memperingati peristiwa, meminta berkah dan sebagainya. Tradisi tersebut sudah ada sejak dulu sebelum masuknya agama ke nusantara.

Tradisi tersebut memang tidak di wajibkan untuk dilakukan tapi bagi siapa saja yang ingin dan memang sudah ada rencana untuk liburan atau hanya sekedar kumpul bareng orang-orang tersayang, iya silahkan saja. Toh tradisi ini juga ada hal positifnya, seperti bisa mempererat tali silaturahmi antar tetangga atau saudara-saudara kita yang jauh.

Untuk melakukan tradisi munggahan tiap orang pastinya berbeda-beda, tergantung kita maunya bagaimana untuk melakukan tradisi tersebut.

Kalau di suku Sunda, tradisi munggahan identik dengan acara makan-makan sering disebut 'botram' atau pergi wisata. Akan tetapi arti munggah yang sebenarnya yaitu menyambut hari pertama tanggal 1 di bulan Ramadhan. Tapi yang namanya orang pasti punya cara tersendiri untuk menyambut bulan yang suci. Tidak ketinggalan juga, tradisi munggahan juga bisa dilakukan dengan acara keagamaan seperti berziarah ke makan para wali, makam syekh, makan orang tua atau ulama yang menyebar agama di suatu daerah.

Jadi, kamu acara munggahannya rencana mau ngapain dan pergi kemana? share yuk di kolom komentar! :)

Read more: Meminimalisir Pengeluaran Dana Saat Libur Munggahan #SabtuNgopi
Read more: Fenomena Munggahan Menjelang Ramadhan yang Sayang Sekali Jika Dilewatkan #SabtuNgopi
Read more: Salah Satu Tradisi Orang Sunda Menyambut Bulan Ramadhan #SabtuNgopi

11 komentar

Baru tahu istilah 'botram'.. Kesannya seperti agak 'asing'.. (karena memang belum pernah dengar) :)

Kalau syaa mah, cukup beli bakso saja kalau munggahan itu mba, ya biar lebih bulat niat mau puasanya :D

Aku munggahannya meningkatkan blogwalking seminggu ini kak.
hehehe

Botram adalah istilah makan bersama di suku sunda.

Jadi kalau nggak makan bakso nggak bakalan bulat dong niat puasanya? hmmm

Wah bagus dong biar semkain meningkat nih trafiknya kak :D

Saya munggahan bingung mau kmna :D hhaa

Sekarang kan banyak tasik tempat untuk wisata! :P

Kalau di Aceh nama tradisinya meugang. Kambing/sapi disembelih terus pada diolah jadi masakan. Suami atau Ayah yang beli, dianterin ke rumah mertua, dibagikan ke yang kurang mampu juga. Pokonya hampir semua rumah bau masakan daging ^^

Kaya idul adha ya hihihi

Iya sama, saya kirain botram bukan bahasa daerah. Ternyata asli bahasa daerah sunda.

TULIS KOMENTAR DIBAWAH INI :)
EmoticonEmoticon